Perawatan pleci ombyokan supaya cepat bongkar isian dan ngalas

yatmono abdullah

Kalau kita membeli pleci di ombyokan biasanya pleci tersebut giras dan susah dijinakan. Kebanyakan pleci ombyokan hasil dari tangkapan dengan jaring dan pikatan. Jadi kita harus bisa memilih pleci yang bagus yang mana. Dan kita harus bisa mencari pleci yang muda agar mudah di seting nantinya.
Setelah pleci dibawa ke rumah pasti pleci kita takut kalau ada orang. Memang wajar kalau pleci liar seperti itu. Jadi cara yang pertama agar pleci ombyokan bisa cepat bongkar isian adalah plecinya tidak takut dengan orang lewat di sekitarnya apalagi kita sebagai pemiliknya.
Berikut ini akan saya berikan tips perawatan supaya pleci hasil ombyokan bisa cepat bongkar isian atau ngalas.

1. Diembunkan secara rutin
Pengembunan bisa dilakukan pada sore hari. Kalau ada waktu kita bisa menyemprot pleci pada sore hari cukup diembunkan saja.
2. Mandi basah kuyup tiap pagi
Pleci liar yg dimandikan secara rutin bisa menjadikan pleci itu menjadi jinak. Pleci dimandikan sampai basah kuyup. Kalau kedinginan pleci tidak bergerak. Nah disitu kita bisa mengelus-elus pleci kita. Pemandian dilakukan pada pukul 07.00 sampai bulu pleci kering. Jadi cukup dijemur 1 jam.
Perawatan pleci ombyokan supaya cepat bongkar isian dan ngalas
3. Ulat hongkong 2 ekor tiap pagi dan sore
Setelah mandi pleci diberikan ulat hongkong 2-4 ekor ulat hongkong. Dan sore harinya juga demikian setelah dilakukan pengembunan.
4. Sedikit voor
Pleci yang liar biasanya susah makan voor. Nah supaya bisa makan voor, taruhlah ulat hongkong pada voor yang sedikit itu. Nantinya bisa makan voor.
5. Perbanyak buah
Sediakan buah jangan sampai kehabisan. Buah kesukaan pleci seperti buah pisang, pepaya, dan sawo. Manfaat buah-buahan ini dapat menjaga warna pleci tetap tajam atau terjaga.
buah kesukaan pleci
6. Pemasteran
Pemasteran burung pleci bisa dilakukan pada pagi hari dan sore. Atau bisa dilakukan pada siang dan malam hari. Pemasteran cukup 1-2 jam saja tapi yg penting rutin dilakukan.
7. Racikan nektar
Seminggu dua kali diberi racikan nektar. Nektar ini bisa kita racik sendiri atau kita beli di toko burung sudah tersedia.
Demikianlah informasi bagaimana cara merawat pleci hasil ombyokan bisa cepat bongkar isian. Kalau pleci jantan hasil ombyok dalam waktu tiga hari sudah mulao kelihatan pada wakti diputar suara burung sebagai masteran.

0 comments:

Posting Komentar