5 jenis pakan untuk meningkatkan birahi pleci paling mantap

Abdullah Yatmono


Kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman bagi pemula yang ingin beternak burung pleci. Di grup facebook banyak yang menanyakan bagaimana cara meningkatkan birahi pleci jantan dan betina. Masalah ini sering dialami oleh para Pleci Mania yang ingin menangkarkan burung plecinya. Sepasang pleci yang sudah jodoh ditunggu-tunggu tidak kunjung mau kawin sehingga belum bertelur. Kunci dari masalah mengapa burung pleci belum mau kawin karena faktor birahi burung.
cara meningkatkan birahi burung pleci
Saat ini burung pleci sedang naik daun yang cukup drastis. Selain kicaunya yang bisa menirukan berbagai jenis burung, burung pleci juga memiliki daya tarik dari segi warna bulunya dan dari segi mudahnya untuk dipelihara. Dari segi suaranya memang burung pleci sudah mulai lama dilombakan, namun baru sering dilombakan pada tahun 2012. Nah untuk sangkar Pleci Mania Indonesia pun ada standarnya sendiri. Kalau tidak salah sangkar aslinya Rp250.000. cukup mahal kan?
Dari segi warna bulunya bulu burung pleci didominasi dari warna kuning kehijauan dan sedikit abu-abu. Burung pleci seperti burung lovebird yang ada kacamata lingkar putih pada matanya. Nah dari segi perawatannya, burung pleci ini sangat mudah dipelihara. Saya bisang untuk pakannya seperti burung kutilang. Pakan burung pleci bisa jangkrik, ulat hongkong, kroto, voor, dan buah-buahan. Buah yang sangat disukai pleci adalah buah pepaya dan buah pisang.
pleci merapi milik om waskito
pleci merapi milik Om Waskito Yogyakarta
Seiring dengan banyaknya peminat burung pleci semakin banyak pula stok pleci yang harus dipenuhi di pasaran. Namun stok tersebut berasal dari penangkapan burung pleci di alam liar. Akhirnya burung pleci sudah sangat jarang di hutan. Bahkan di tempat asal saya di Banyumas sudah sangat jarang. Saya bilang hampir punah karena saya kalau ke hutan sudah tidak pernah mendengar burung pleci lagi. Seringnya burung pleci ditangkap dengan model “pikatan” dan jaring. Kalau sudah seperti itu ditangkap terus-terusan di hutan akan habis dan tidak bisa bereproduksi lagi. Maka dari itu saya pribadi saat ini sedang beternak sepasang pleci yang baru jodoh semingguan.
Dalam penjodohan pleci ini tidaklah semudah dalam menjodohkan burung lovebird. Karena dari segi umur burung lovebird yang baru berusia 5 atau 6 bulan sudah bisa dijodohkan. Tapi kalau pleci untuk ternak dan penjodohan mulai umur 10 bulan sampai 1 tahunan baru bisa. Kalau sudah jodoh terkadang ada masalah kalau burung pleci tidak kawin-kawin. Kawinnya burung pleci itu sangat singkat, paling 1-3 detik selesai tapi frekuensi kawinnya sering.
pakan untuk meningkatkan birahi burung pleci
sapasang pleci sudah mesra
Oke berikut ini saya akan memberikan tips bagaimana cara meningkatkan burung pleci supaya bisa cepat kawin.

1. Pastikan umur burung pleci sudah mapan

Umur mapan pleci dijodohkan minimal umur 10 bulan sampai 1 tahunan baru bisa dijodohkan dan siap produksi. Pada usia tersebut, organ reproduksi burung pleci sudah tumbuh dengan sempurna sehingga bisa menghasilkan telur yang vertil dan pejantan bisa membuahi burung betina. Oya keturunan yang dihasilkan juga bisa berkualitas atau tanpa cacat. Intinya kalau umurnya sudah mapan burung pleci akan mudah birahi karena organ reproduksinya sudah berkembang seara sempurna.

2. Memberi pakan yang dapat meningkatkan birahi burung pleci

Pakan yang mengandung protein tinggi bisa meningkatkan birahi pleci. Sama halnya dengan beternak burung lovebird dan burung ciblek, agar burung ini bisa birahinya cepat berikan pakan yang tinggi protein seperti jangkrik, kroto, ulat kandang, ulat hongkong, dan voor high protein.

A. Jangkrik

Berikan jangkrik yang ukurannya kecil agar lebih mudah dimakan oleh burung pleci.

B. Kroto

Selain jangkrik, kroto juga ampuh untuk meningkatkan birahi burung pleci. 
cara membuat pleci birahi
Harga kroto memang mahal tapi hasilnya bagus. Ketika anakan sudah menetas, kita bisa menaruh kroto untuk lolohan induknya secara penuh sampai anakan burung pleci bisa makan sendiri.

C. Ulat hongkong

Ulat hongkong juga bisa dipakai alternatif pengganti jangkrik ataupun kroto untuk meningkatkan birahi burung pleci. 
cara agar pleci birahi
Sebaiknya burung pleci diberikan ulat hongkong yang warnanya sudah putih karena dipercaya memiliki protein yang paling tinggi dibanding ulat hongkong yang warnanya masih coklat.

D. Ulat kandang

Ulat kandang bentuknya cenderung lebih kecil dibanding ulat hongkong. Ulat kandang juga sama fungsinya untuk meningkatkan birahi burung pleci seperti manfaat ulat hongkong.

E. Voor high protein

Bagi yang memiliki burung pleci rawatan lama biasanya sudah bisa makan full voop (pur /voer). Ada jenis voor yang mengandung protein tinggi juga bisa meningkatkan birahi burung pleci. Voor tinggi protein biasanya terbuat dari bahan campuran seperti ikan, kroto, jangkrik, dan lainnya.
Demikianlah ada 5 jenis pakan yang bisa Anda berikan kepada sepasang burung pleci agar plecinya bisa birahi dan mau kawin. Semoga masalahnya bisa menemukan solusi dan selamat mencoba. Semoga berhasil J

0 comments:

Posting Komentar