Sabtu, 24 November 2018

Harga lovebird euwing gold 2018 2019 anjlok banget

Abdullah Yatmono


Kemarin saya kaget banget melihat postingan harga lovebird euwing gold dari mba Giska Setia Ning di facebook. Ia seorang peternak lovebird warna di Tegal yang sudah berhasil mencetak aneka macam warna lovebird biola, euwing dan parblue.
Sebelumnya di tahun 2015 sampai 2017 pertengahan, harga lovebird euwing gold berada di kisaran 20 juta sampai dengan 25 juta. Pada bulan Juni tahun 2016 saya mengikuti Kopdar KLI Tegal, waktu itu ada Om Kidan yang cerita kalau lovebird euwing goldnya laku dengan harga 23,5 juta.
harga lovebird euwing gold 2018 2019
lovebird biola euwing gold milik Mba Giska Setia
Nah sekarang di akhir tahun 2018 yakni bulan November harganya kemarin dari Mba Giska yang posting mau menjualnya harga lovebird euwing gold 8,5 juta saja. Itu pun harga belum dinego. Mungkin kalau dinego bisa dapat 7 jutaan.
Bagaimana cara mencetak lovebird euwing gold yang mahal itu?
Lovebird euwing kuning atau gold ini berasal perkawinan lovebird biola green dengan lovebird euwing gold. Hasilnya menjadi lovebird yang mewah. Ciri khas dari lovebird biola dalah warna kepalanya yang merah semua sampai dengan leher dekat dengan dada.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada foto di atas.
harga lovebird euwing gold terbaru 2019
lovebird biola euwing sebelah kiri,
Memang di awal-awal tahun 2018 menuju pertengahan sampai di akhir tahun 2018 ini harga lovebird mulai menurun. Kalau dibuat grafiknya, turunnya curam banget. Ada teman saya yang bilang kalau harga lovebird ini seperti “Monkey Businnes” atau biasa kita kenal dengan bisnis monyet. Lho monyet kok ada bisnisnya yah hahaha. Contohnya seperti dulu itu ada bisnis jualan batu akik. Sebutir batu akik dulu tahun 2011 harganya sangat fantastis. Namun sekarang ini batu akik dijual di pasaran Rp20.000 sampai Rp50.000 saja. Sudah dapat batu akiknya dengan ring atau cincinnya.
Semoga saja lovebird tidak termasuk bisnis monyet yah. Nah dari temen-temen di grup ini banyak cerita kenapa lovebird kok harganya makin turun terus. Coba perhatikan lingkungan sekitar deh. Peternak lovebird sudah BUUUAAAANNYAAAK SEKALI....
Jumlah populasi lovebird bertambah namun penggemarnya tidak signifikat meningkat. Ada tengkulak lovebird di dekat rumah saya yang mengeluh saat ini. Kalau lovebirdnya susah laku di pasaran. Akhirnya harus jauh jualannya di pasar-pasar. Oya katanya kemarin teman saya ini ambil lovebird di peternak harganya miring banget lho. Misalnya lovebird biru cobalt umur 3 bulanan ia beli dari peternak Rp100.000 saja. Kemudian ia jual lagi dengan harga Rp175.000 sampai Rp200.000. itu pun kalau ada yang nawarnya kebangetan ia kasih dengan harga Rp140.000 sampai Rp150.000. Di rumah ia harus tandon sampai berhari-hari bahkan mingguan.
Ya begitulah temen-temen. Menurut saya pribadi, ternak lovebird masih potensial untuk menambah penghasilan. Tapi ternak lovebirdnya harus lovebird warna agar harganya juga lumayan. Di tempat saya, lovebird euwing sudah anjlok banget. Misalnya lovebird euwing blue umur 2 bulanan Rp600.000. Kalau punya dua indukan saja lovebird euwing tiap tiga bulannya bisa mendapatkan untung 2 jutaan. Lumayan banget kan?
Pokoknya semangat terus.. jangan kendor ternak lovebirdnya...

0 comments:

Posting Komentar