Minggu, 23 September 2018

Prediksi ciri-ciri lovebird jantan umur 3 bulan

yatmono


Banyak yang bertanya kepada saya melalui chat Wa mengenai bagaimana ciri-ciri lovebird jantan umur 3 bulan. lovebird merupakan hewan monoforbik yang artinya tidak nampak secara jelas perbedaan lovebird jantan dan betinanya. Kalau sudah berpasangan dan pernah produksi baru terlihat sedikit jelas. Kalau bagi pemula pasti tidak tahu mana lovebird jantan dan betina.
Cara yang paling akurat untuk membedakan lovebird jantan dan betina adalah dengan melalui tes DNA. Tes DNA sendiri bisa dimulai ketika lovebird berumur 3 bulanan. Rata-rata para suhu lovebird tes DNA dilakukan pada waktu lovebird umur 4 bulan.
lovebird umur 3 bulan | Foto Ijanx Ry
 Kalau untuk memprediksi lovebird jantan dan lovebird betina pada suhu lovebird pun bisa tapi dalam dunia lovebird itu kadang yang sudah diprediksi jantan tapi ternyata betina. Apalagi kalau lovebird umurnya baru 3 bulan. perkembangan organ tubuh dan tulangnya  pun masih berkembang.
Ada cara yang biasa dilakukan oleh peternak dalam memprediksi ciri-ciri lovebird jantan maupun betina. Berikut selengkapnya:

1. Pegang lovebird jantan kemudian diraba pada bagian ekornya.
Coba cek bagian supit udangnya. Kalau jantan memiliki supit udang yang cenderung lebih keras dan sempit ketika di raba. Namun kalau prediksi lovebird betina memiliki supit udang yang cenderung lebih lunak dan melebar.
Bagi yang pemula pasti bingung mana yang keras dan mana yang lunak, pasalnya lovebird umur 3 bulan yang susah. Nah sekarang dipraktekan saja pada lovebird yang sudah berjodoh dan produksi. Cek bagian supit udangnya kalau keras dan sempit ketika diraba dengan jari telunjuk pasti jantan. Kemudian lovebird jantan memiliki bodi atau postur yang lebih ramping.
Kalau lovebird betina yang sudah indukan cenderung memiliki postur yang lebih besar dan bagian bawah ekornya lebar karena pernah bertelur.

Kesimpulan:
Kita hanya bisa memprediksi lovebird itu jantan atau betina dengan meraba dengan jari telunjuk pada bagian supit udang lovebird. Kalau jantan supit udangnya relatif semiut dan keras. Sedangkan lovebird betina memiliki ciri supit udang yang lebar dan lunak kalau sedikit di tekan.
Cara ini hanya memprediksi saja. Terkadang malah terbalik yang tadinya dikira lovebird jantan eh malah betina. Hal ini dikarenakan lovebird umur 3 bulan kondisi fisik dan kekerasan tulang supitnya hampir sama antara lovebird jantan maupun betina. Kalau lovebird yang sudah dewasa minimal umur 8 bulan biasanya sudah bisa terdeteksi pada bagian supit udangnya.
Demikian sekilas infonya, semoga bisa membantu Lovebird Mania yang masih pemula.

0 comments:

Posting Komentar