Minggu, 09 September 2018

Cara menjodohkan lovebird muda dengan sistem koloni bagi peternak pemula

Abdullah Yatmono

Saya sering mendapatkan kiriman WhatsApp untuk menebak jenis kelamin lovebird yang dimiliki oleh teman atau pengunjung dari blog petanisukses.com ini. Saya sendiri kalau melihat secara langsung juga belum paham banget karena memang burung lovebird susah ditebak jenis kelaminnya. Apalagi kalau usianya masih muda umur 2 atau 3 bulanan. Maka dari itu kalau yang ngirim foto ya saya gak tahu pasti. Tapi kalau sudah jodohan InsyaAllah bisa menentukan jenis kelamin jantan atau betina.

Pada umumnya untuk menentukan lovebird jantan yang sudah jodohkan atau sudah produksi terlihat lebih ramping (body kecil). Sedangkan lovebird betina terlihat lebih besar (tubuhnya melar hehe) dengan sayap yang tidak menyilang.
Salah satu cara yang paling akurat untuk mengetahui jenis kelamin jantan atau betina pada lovebird adalah dengan menggunakan tes DNA. Tes DNA sekarang ini sudah banyak kita temui diberbagai kota terutama yang memiliki komunitas lovebird yang besar. Kalau di Tegal tempat saya rata-rata biaya tes DNA ada yang paling murah Rp250.000.
Jenis lovebird yang biasa di tes DNA biasanya lovebird euwing, parblue, dan biola. Lah kalau lovebird hijau standar atau pastel hijau malah harga tes DNA nya jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga lovebird nya hahaha.
Oke balik lagi ke judul di atas mengenai cara menjodohkan lovebird muda. Misalnya kalau Anda memiliki uang satu juta bisa dapat 6 ekor lovebird hijau standar sampai pastel kuning di tempat jualan lovebird ombyokan dengan usia paud sehingga jenis kelamin jantan dan betinanya belum terlihat.
Lovebird di ombyokan umurnya kisaran 2 sampai 4 bulan. banyak peternak lovebird yang menjual anakan lovebird yang baru bisa makan di usia 2 bulan dan harganya relatif lebih murah. Misalnya lovebird cobal umur 2 bulanan sekitar 250.000, kalau sudah dewasa harganya mencapai 350.000. jadi selisihnya lumayan banyak di kantong.
Berikut cara menjodohkan lovebird muda di kandang koloni dengan mudah :
Misalnya kalau kita membeli 6 ekor lovebird muda di ombyokan insyaAllah ada yang jenis kelamin jantan ataupun betina. Kemudian lovebird tersebut kita masukkan ke dalam kandang koloni.
Di dalam kandang ditaruh glodok, misalnya tiga glodok agar nantinya lovebird yang berpasangan bebas memilih glodok.
Pada umur 4 bulan biasanya lovebird muda sudah memilih pasangannya masing-masing. Walaupun belum bisa kawin atau produksi, kedua lovebird yang berpasangan biasanya sudah masuk ke dalam glodok.
Ketika sudah saling berpasangan dan sudah masuk ke dalam glodok kemudian kita ambil pasangan tersebut untuk di taruh di kandang baterai. Jadi cara ini sangat mudah karena lovebird bisa memilih pasangannya sendiri. Kita nanti bisa tahu lovebird jantan dan betinanya. Sepasang lovebird jantan muda terlihat besarnya sama, tapi bisa dilihat kok dengan ciri-ciri lovebird jantan terlihat sering menyupain atau meloloh lovebird betina.
Sisa lovebird yang belum berpasangan kita bisa beli lagi lovebird ombyokan dengan harga yang murah untuk dijodohkan dengan sisa lovebird di kandang koloni. Atau kalau tidak sisa lovebird yang belum berpasangan tadi bisa dijual.
Oke demikianlah cara menjodohkan lovebird bagi peternak yang masih pemula seperti saya dulu. Cara ini membutuhkan kesabaran karena menunggu waktu lovebird produksi menunggu umur 7 atau 8 bulanan baru bisa bertelur. Tapi dengan cara ini pula kita bisa mendapatkan pasangan lovebird dengan harga yang lebih murah dan terjamin. Pasalnya di pasaran banyak penjual jodohan lovebird yang ABAL-ABAL. Semoga bisa bermanfaat J

0 comments:

Posting Komentar