Rabu, 19 September 2018

Apakah lovebird cacat kaki bisa kawin?

Melihat lovebird jantan ataupun betina yang kakinya minus atau cacat terlihat kasihan. Ada peternak yang tidak tega menjual lovebird yang cacat tersebut. Contoh lovebird yang cacat kaki biasanya salah satu kakinya mentang atau dengkol, bahkan kedua kakinya.
Kaki yang mentang tersebut bisa bawaan dari lahir dan bisa karena kesalahan kita sebagai pemilik dalam merawat anakan lovebird ketika masih kecil. Contoh kesalahan kita adalah pada waktu anakan lovebird masih cindil kita salah meletakan anakan lovebird pada tempat yang permukaan alasnya itu licin sehingga lovebird tidak bisa latihan mencengkeram.
lovebird cacat kaki bisa kawin
salah satu kaki lovebird cacat
 Alas yang baik untuk anakan lovebird agar bisa latihan mencengkeram sejak kecil adalah serutan kayu khusus alas dan juga kawat khusus untuk anakan agar kaki lovebird tidak cacat.
Oke setelah mengetahui penyebab kaki lovebird yang cacat, sekarang kalau lovebird nya sudah dewasa apakah bisa dijodohkan dan setelah jodoh apakah bisa kawin?
Saya pribadi saat ini memiliki satu ekor lovebird biru mangsi fichery. Saya beli dengan harga Rp300.000 dari Om Atak di Situbondo. Melihat trah dan bentuk warna fischery yang bagus akhirnya burung tersebut saya beli. Awalnya Om Atak tidak ingin menjual lovebird yang cacat tersebut karena kasihan.
Saya bertanya kepada Om Atak, Om.. apakah lovebird yang cacat kakinya mentang atau dengkol kedua-duanya ini bisa kawin dan produksi? Jawabannya “bisa” dari pengalamannya bahwa lovebird jantan ataupun betina kedua-duanya cacat kaki seperti mentang itu bisa produksi.

Kemudian saya tanya lagi kepada tante Giska Setia Ning, seorang Lovebirdwati yang sudah terkenal pemain warna dari Kota Tegal. Saya menanyakan “apakah lovebird jantan kaki mentang dua-duanya kira-kira bisa kawin tidak ya?
Jawabannya sungguh mengejutkan... katanya tante Giska :” Saya jantan beti 1 pasang mentang dan dengkol kakinya Allhamdulillah produk perdana netes 2 skrg lg ngeram lagi”
Saya malahan diberikan foto anakannya dan ternyata anakannya normal semuanya. 
Berikut ini screenshoot dari percakapan saya dengan tante Giska:
lovebird kaki satu apa bisa kawin
 Kesimpulan:
Dari hasil wawancara yang telah saya lakukan kepada dua orang peternak lovebird warna yaktni Om Atak dari Situbondo dan tante Giskan dari Kota Tegal bahwa lovebird jantan maupun betina yang cacat kakinya itu bisa tetap produksi.

Jadi kalau ada lovebird dengan warna yang bagus ataupun lovebird kelas warna seperti euwing, parblue, bahkan biola tapi cacat kakinya ataumatis harganya jauh lebih murah. Seperti saya ini baru beli lovebird biru mangsi fischery bersih yang kedua kakinya mentang dengan harga yang sangat murah Cuma Rp300.000. kalau harga normalnya sekitar Rp800.000. saat ini burung tersebut saya letakan di kandang koloni. Semoga bisa menemukan jodoh yang baik hehehe.
Nah sekarang bagaimana menurut Anda? Apakah masih mau membeli lovebird minus kaki untuk dijadikan indukan ataukah tidak?

0 comments:

Posting Komentar