Rabu, 04 April 2018

Penyebab anakan lovebird memuntahkan makanannya dan cara mengatasinya

Abdullah Yatmono

Masih seputar pada peratawan anakan lovebird yaitu apa penyebab anakan lovebird memuntahkan makanannya dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut.
Anakan lovebird yang baru kita panen pada umur 2 minggu biasanya sudah memiliki daya tahan yang cukup. Setelah kita panen, kita letakkan piyikan lovebird di dalam kandang inkubator agar kondisi burung tetap hangat seperti di dalam glodok. Tentunya ada penyesuaian dari tubuh burung tersebut dengan lingkungannya.
anakan lovebird memuntahkan makanannya
anakan lovebird om Alfin
Sebagai alas piyikan biasanya menggunakan serutan halus dari kayu. Tujuannya agar kaki lovebird tetap hangat dan bisa mencengkeram dan tidak licin. Kalau hanya tidak diberi alas serutan kayu anakan lovebird susah bergerak karena licin.
Saat setelah panen anakan, kita akan disibukan dengan meloloh anakan setiap 3 – 4 jam sekali. Kalau Anda tidak punya waktu untuk meloloh, Anda bisa menitipkan anakan lovebird kepada teman. Di tempat saya di Tegal, banyak yang bersedia menerima titipan loloh anakan lovebird sampai bisa makan sendiri. Untuk biayanya bervariasi ada yang menari 70.000 – 90.000 per ekor anakan sampai bisa makan sendiri.
Dalam hal meloloh lovebird tidaklah mudah. Apalagi yang masih pemula seperti saya dulu. Waktu ada masalah terkadang panik tapi justru berawal dari masalah atau kegagalan dalam meloloh akan menjadi PENGALAMAN yang berharga untuk ke depannya. Kita bisa memperbaiki agar ternak lovebird kita sukses dan kita bisa meloloh anakan lovebird dengan tangan kita sendiri.
Contoh masalah dalam meloloh anakan lovebird adalah anakan lovebird memuntahkan makanannya. Anggapan saya mungkin sedang masuk angin atau sakit apa. Memang setelah saya bertanya kepada teman-teman yang sudah berpengalaman, bisa saja lovebirdnya sakit atau tidak sakit tapi karena ada gangguan pada pencernaannya.

Penyebab anakan lovebird memuntahkan makanannya adalah sebagai berikut:
penyebab lovebird memuntahkan makanannya
pakan lolohan lovebird terbaik NUTRIBIRD A21
a. Pencernaan lovebird mengalami gangguan
Gangguan pencernaan ini bisa berasal dari pakan yang tidak bagus dan ada penyakit yang menyerang lovebird. Contoh kalau masalah dari pakan yang tidak berkualitas adalah pakan lolohan tidak halus atau kasar. Kalau pakannya sudah kasar bagi anakan lovebird yang masih bayi bisa membuat pencernaannya terganggu. Jadi pakan yang kasar akan menyebabkan pakan tidak bisa dicerna secara sempurna sehingga menumpuk di dalam saluran pencernaan. Kalau sudah lama menumpuk biasanya terlihat pada perut dan dekat anus akan membesar dan mengakibatkan pada kematian.
Penyebab lain dari lovebird memuntahkan makanannya adalah lovebird makan benda asing di sekitarnya seperti makan serutan kayu yang tidak bisa dicerna. Terkadang kalau kita telat atau kelamaan tidak meloloh anakan lovebird bisa saja anakan lovebird TIDAK SENGAJA makan serutan kayu. Nah serutan kayu juga tidak bisa cerna dan bisa membuat saluran pencernaan terganggu.

Penyebab lainnya juga adalah lovebird terkena penyakit seperti masuk angin seperti halnya manusia. Kalau Anda tidak menempatkan anakan lovebird yang berumur dua atau tiga minggu tidak di dalam inkubator biasanya akan mudah terkena penyakit. Oleh sebab itu anakan harus ditaruh di dalam kandang inkubator supaya suhunya tetap terjaga. Kalau suhu lingkungan mudah berubah, lovebird akan mudah terekan penyakit seperti masuk angin pada manusia yang ditandai dengan tidak nafsu makan dan memuntahkan kembali makanannya.
b. Anakan lovebird mengalami tersedak ketika sedang di sepet
bagi yang pemula, harus berhati-hati dalam meloloh anakan lovebird. Tapi kita dituntut juga harus berani meloloha anakan lovebird dengan menggunakan alat bantu seperti spet. Kalau menggunakan spet biasanya selang atau karetnya masuk sampai ke dalam tembolok.
Kalau alat spet atau bubur lolohan mengenai rongga pernapasan di dalam lehernya bisa mengakibatkan piyikan akan TERSEDAK. Kalau tersedak kadang kala anakan lovebird akan memuntahkan makanannya kembali. Oleh kerena itu dalam meloloh dengan spet, selang harus masuk sampai ke tembolok sehingga pakan bisa langsung masuk ke dalam tembolok. Tapi harus dengan hati-hati. Porsi pakan juga jangan sampai berlebihan.
cara mengatasi burung lovebird muntah
c. Pemberian pakan yang terlalu berlebihan
Seperti halnya manusia kalau makan berlebihan perut akan terasa tidak enak. Bahkan kita sampai muntah-muntah karena saking penuhnya perut dengan makanan. Begitu pula kalau kita meloloh anakan sampai penuh dan berlebihan, ada beberapa anakan lovebird yang memuntahkan makanannya.
Tipikan indukan lovebird yang meloloh anaknya di dalam glodok itu tidak banyak tapi sering. Anda bisa mengecek di dalam glodok. Tembolok anakan lovebird pasti tidak sampai besar. Memang anakan yang diloloh oleh induknya itu tidak sampai penuh tapi indukan sering meloloh anaknya.
Jadi bisa kita ambil pelajaran kalau selama meloloh piyikan jangan banyak-banyak. Bisa diatur pola melolohnya seperti setiap 3 atau 4 jam sekali. Kalau masih umur dua minggu saya sarankan untuk meloloh setiap 3 jam sekali. Ciri-ciri lovebird jantan yang sedang birahi
Cara mengatasi anakan lovebird memuntahkan makanannya
Sudah saya singgung di atas untuk mengatasi anakan lovebird yang memuntahkan makanannya jangan sampai kita melolohnya terlalu banyak. Kalau sudah dimuntahkan kembali, bisa dicoba satu jam kemudian diloloh kembali. Jika perutnya sudah terlihat kosong, kita loloh lagi.
Ada saran lain dari seorang peternak lovebird yang sukses. Kalau beberapa kali memuntahkan makanannya, bubur lolohan bisa diganti dengan biskuit bayi seperti biskuil merek Milna. Cobalah dilembutkan dengan air hangat secukupnya sampai encer kemudian dilolohkan pada lovebird. Selain dari biskuit, bisa memakai bubur bayi seperti merek Promina. insyaAllah burung tidak kembali memuntahkan makanannya.

0 comments:

Posting Komentar