Sabtu, 07 April 2018

Ciri-ciri lovebird lightform dan harganya

Abdullah Yatmono


Pengertian lovebird lighform adalah salah satu jenis mutasi lovebird yang menghasilkan warna atau corak blorok seperti blue series (blorok biru) namun memiliki warna putih yang lebih dominan pada sayapnya. Bisa dikatakan warna sayapnya relatif polos dibandingkan pada warna lovebird blue series pada umumnya. Sebenarnya arti dari lightform itu sendiri merupakan bercahaya atau polos. Jadi nama ini dilekatkan pada jenis lovebird blorok biru yang memiliki sayap yang putih dominan namun masih ada corak birunya pada sayap. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada foto di bawah ini.
ciri-ciri lovebird lightform dan harganya
Harga lovebird lightform
Untuk lovebird lightform itu sendiri sedikit susah dijumpai di lapangan. Tapi bukan berarti yang jarang kita temui ini harganya mahal lho. Ternyata harga lovebird lightform dari jenis blue series ini lebih udah dibandingkan dengan harga lovebird blue series violet.
Saat ini di tahun 2018 harga lovebird blue series lightform masih kisaran Rp700.000 – Rp800.000. Tapi seringnya seharga Rp750.000. Harga tersebut juga bisa bernilai lebih tinggi kalau indukan lightform tersebut dari warna bagus seperti euwing, parblue, violet fischery dan lainnya. Ada juga harga lovebird josan (hijau standar) mencapai 1,5 juta karena turunan dari lovebird parblue green.
Banyak orang yang mengatakan kalau lovebird lightform ini warnanya nanggung banget. Soalnya blue series bukan dan pastel putih pun juga bukan. Tapi kalau orang yang baru mengenal lovebird atau masih pemula seperti saya dulu bisa salah sebut. Pemula masih sulit membedakan jenis lovebird pastel putih dengan lovebird lightform.
ciri lovebird lightform putih
lovebird lightform putih
Ciri-ciri lovebird lightform
1. Warna sayapnya dominan putih tapi sedikit masih bercorak biru dan ada juga yang sedikit violet.
2. Warnanya putihnya lebih bersih atau clink banget dibandingkan dengan warna lovebird pastel putih
3. Warna punggungnya tetap seperti warna lovebird blue series pada umumnya

4. Warna ekornya juga masih seperti lovebird blue series dang corak biru pada pangkalnya dan warna putih pada ujungnya.
5.Warna bagian leher, dada, dan ekor kalau dilihat dari bawahnya berwarna putih bersih.
Jenis lovebird lightform
Untuk lovebird lightform itu sendiri termasuk dalam kategori lovebird blue series (BS) atau dalam bahasa Indonesianya kita kenal dengan blorok biru.
Perbedaan lovebird blue series violet dengan lovebird blue series lightform
Agar lebih jelas mengenai perbedaan dari kedua lovebird tersebut bisa dilihat pada foto berikut ini.
Sudah saya singgung di atas kalau lovebird lightform warna sayapnya cenderung putih dan  sedikit corak biru dan hitam. Tapi kalau lovebird BS violet pada bagian sayap, punggung, ekor, dan lehernya bercorak biru violet dengan putih. Pokoknya kalau lovebird BS vio lebih bagus.\
perbedaan blue series vio dengan lightform
perbedaan blue series vio dengan lightform
Oya ada yang bilang juga kalau blue series yang warnanya bercorak bagus disebut dengan blue series dom pied yang artinya dominan warna borok birunya.
Jenis lovebird lightform
Akan tetapi kalau jenis blue series yang warna bloroknya lebih polos atau sayapnya berwarna putih disebut dengan blue series lighform pied. Jelas apa tidak nih? Suapaya lebih paham amati fotonya lagi yah!
Kalau sekilas dari kejauhan, selain mirip dengan lovebird pastel putih, lovebird lightform juga mirim dengan lovebird albino.Tapi kalau sudah melihat warna kakinya, kaki lovebird lightform warnanya hitam sedangkan lovebird albino warna kakinya putih. Selain itu warna paruhnya juga berbeda banget.

0 comments:

Posting Komentar