Cara membuat rak kandang ternak lovebird dari besi siku

Rak kandang biasa dipakai oleh peternak agar tempat kandang baterai lovebird terlihat menarik dan rapi. Kandang baterai merupakan kandang yang paling banyak master lovebird dalam beternak lovebird. Untuk mengontrol kesehatan dan keadaan lovebird di kandang baterai lebih mudah dan pasangan lovebird pun tidak terganggu oleh pasangan lain. Biasanya dalam kandang ternak koloni ada beberapa lovebird jantan yang sifatnya agresif sehingga merebut pasangan lovebird lain. Selain itu sering juga ada insiden rebutan glodok. Telur dari lovebird pasangan lain ada yang dibuang kemudian dipakai oleh lovebird yang merebutnya
cara membuat rak kandang ternak lovebird dari besi siku
contoh rak kandang lovebird yang sudah jadi
 Ada teman saya yang sudah lama beternak kemudian menjual kandang lovebird sekaligus rak kandangnya. Harganya variasi seperti berikut ini:
1. Rak kandang lovebird isi 4 harga 400rb
2. Rak kandang lovebird isi 6 harga 450rb
3. Rak isi 8 harga 500rb,
4. Rak isi 9 harga 525rb
5. Rak isi 12 harga 600
Proses pembuatan rak
Untuk bahannya dari besi jenis holo. Warnanya kita bebas memilihnya. Untuk finishing catnya dua kali lho. Itu yang jualan teman saya yang ada di Kota Tegal. Kalau ada yang berminat bisa hubungi Facebook Om Latif Papahe Vanessa. Anda bisa menghubunginya di nomor  085325290242.
Kalau Anda telaten dan bisa dalam mengelas besi, pasti juga bisa membuatnya kok. Tapi kalau seperti saya yang belum pernah memegang alat las jangan berani coba yah. Takut kena apinya hehe. Kalau yang tidak biasa memotong-motong besi sesuai ukuran pasti sangat susah. Apalagi kalau sudah mengelasnya.
Alternatif kandang rak dari besi
Kalau uangnya belum cukup atau gimana, Anda bisa membuat rak kandang lovebird dari kayu RENG. Kayu reng ini kayu yang tipis-tipis yang biasa digunakan untuk memasang genting. Cara membuatnya pun sangat mudah. Untuk harganya satu potong kayu yang panjangnya 2-3 meter Cuma 10.000 sampai 13.000.
Untuk ukuran panjang kandang lovebird ukuran standar seperti merek Sweet atau Boom adalah 60 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 40 cm. Itu ukuran yang menegah dan kebanyakan teman peternak menggunakan ukuran tersebut. Jadi sebelum membuat raknya diukur terlebih dahulu. Bisa dimodifikasi dua tingkat, tiga tingkat. Itu seperti teman saya Om Latif bisa membuat rak yang sederhana tapi kualitasnya bagus. Mulai dari ukuran untuk 4 kandang sampai 12 kandang. Kalau saya lebih suka yang ukuran untuk 9 kandang.
Rak kandang lovebird juga berfungsi untuk menghemat tempat. Kalau teman-teman yang rumahnya kecil biasanya kesusahan untuk menaruh dimana kandang lovebirdnya. Kalau di perumahan ada tempat yang tersisa seperti di samping atau belakang rumah. Nah karena tempatnya yang sempit bisa menggunakan rak untuk menaruh beberapa kandang lovebird.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara membuat rak kandang ternak lovebird dari besi siku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel