Jumat, 20 April 2018

Alas yang baik untuk menaruh anakan lovebird yang masih diloloh

Abdullah Yatmono


Sebagian teman masih ada yang bertanya mengenai alas yang baik untuk menaruh anakan lovebird yang baru saja diambil dari glodok. Ada teman yang masih menggunakan tisu, ada pula yang menggunakan serutan kayu. Kedua-duanya itu benar. Bahkan ada yang menggunakan kaosnya yang sudah tidak dipakai untuk tempat tidur bayi lovebird.
alas tempat tidur lovebird
alas dari serutan kayu yang lebar dan lembut
Untuk penggunaan kayu dan tisu ini sudah baik. Untuk umur lovebird dari nol hari (baru menetas) sampai 10 hari sebaiknya menggunakan tisu. Tapi kalau sudah 10 hari atau umur 14 hari sebaiknya menggunakan serutan kayu yang halus.
tempat alas serutan kayu lovebird
Kalau teman-teman menetaskan telur lovebird menggunakan inkubatr atau alat penetas, setelah telur lovebird menetas beberapa menis bisa memindahkannya ke tempat khusus (inkubator) yang alasnya diberi tisu. Tapi kalau teman-teman mengambil anakan dari glodok umur 2 minggu untuk diloloh oleh kita alasnya menggunakan serutan kayu. Untuk harga satu bungkus serutan kayu di Toko Burung langganan saya di Tegal Rp3000. Murah tapi dapet banyak banget.. buat anakan sampai 30 ekor juga bisa hehe.

Kalau kita menggunakan serutan kayu yang halus akan merangsang perkembangan anakan lovebird dalam latihan mencengkeram. Kalau di hutannya sendiri sudah latihan mencengkeram di sarangnya. Nah kalau tisu kan teksturnya halus sehingga sangat bagus untuk alas lovebird yang masih baby. Anakan tidak terluka pada kulitnya yang masih rentan.
tempat alas serutan kayu lovebird
baby lovebird milih Jening Ning tegal
Ada dua jenis serutan kayu. Yang satu agak lebar tapi tipis banget dan yang kedua kecil-kecil juga tipis. Nah kalau yang serutan kayu kecil dan tipis digunakan untuk anakan lovebird yang baru lahir sampai umur 10 hari. Yang jenis serutan kayu kecil sama fungsinya seperti tisu. Kalau serutan kayu yang besar untuk anakan umur 2 minggu ke atas. Agar lebih jelas bisa dilihat pada foto di atas yah
Begitulah kira-kira teman-teman lovebird mania...

0 comments:

Posting Komentar