Kamis, 08 Maret 2018

Cara ternak lovebird koloni agar cepat bertelur

Abdullah Yatmono

Cara ternak lovebird secara koloni bisa dikatakan paling mudah. Karena secara koloni burung lovebird tidak mudah stres karena ruang gerak yang lebih leluasa. Kemudian lovebird bisa memilih pasangannya sendiri. Kita bisa menghemat waktu dan perawatan dalam memelihara lovebird secara koloni. Misalnya kita hanya sekali dalam memberi pakan namun bisa mencakup semua lovebird yang ada di dalam kandang koloni. Namun ada beberapa kelemahan ketika di kandang koloni seperti lovebird akan mudah terserang penyakit yang menular jika salah satu lovebird terkena penyakit. Contoh penyakit yang mudah menular pada lovebird adalah penyakit SNOT dan penyakit PATEK.  

cara ternak lovebird koloni agar cepat bertelur
Harapan kita sebagai peternak lovebird adalah indukan lovebird yang kita miliki bisa cepat bertelur kemudian mengerami dan bisa menetas semua. Waktu saya masih pemula, rasanya tidak sabar lovebirdnya supaya cepat kawin kemudian bertelur. Setelah bertelur saya sendiri sering mengintip jumlah telurnya apakah tiap hari bertambah atau tidak. Ternyata lovebird bertelurnya tidak setiap hari. Tapi lebih seringnya dua hari sekali tapi beberapa ada yang bertelur berturut-turut selama dua hari saja tapi setelahnya dua hari sekali.
contoh kandang lovebird koloni minimalis
contoh kandang lovebird koloni minimalis
Rata-rata telur lovebird yang dihasilkan oleh indukan betina berjumlah 3 sampai 5 butir telur. Malahan ada yang sampai 6 butir ada yang menetas semua. Kalau para suhu lovebird bilang dapat JEKPOT kalau menetas semua hehehe. Rejeki nomplok pokoknya.
Oke kembali ke cara ternak lovebird secara koloni agar cepat bertelur. Secara umum lovebird akan bertelur kalau sudah dewasa. Nah dewasanya lovebird betina yang memiliki kelep pada umur 9 bulan sudah ada yang bisa bertelur. Tapi mulai aktif produksi minimal umur 10 bulan atau 12 bulan. Jadi kalau kita mau menjodohkan lovebird yang paling mudah kalau umurnya sudah 10 bulan atau paling gampang umur 1 tahun.
Supaya lovebird cepat bertelur
Prinsip yang paling mudah agar lovebird cepat bertelur adalah pasangan lovebird supaya kawin terlebih dahulu. Tanpa kawin lovebird tidak bisa bertelur.
Nah kalau ini kan memang sudah pasti yah. Jadi KUNCINYA apa lagi? Jadi kuncinya BAGAIMANA caranya agar lovebird kita bisa kawin?
Jawabannya: kalau lovebird sudah birahi lovebird akan kawin dengan sendirinya. Kita sebagai peternak rajin memberikan pakan yang bisa menaikkan birahi lovebird. Di dalam blog ini saya sudah sering menyampaikan cara meningkatkan birahi lovebird  jantan dan betina agar cepat kawin.
Diantara cara untuk menaikkan birahi lovebird adalah dengan memberi pakan EXTRA FOODING atau dalam bahasa KATROKnya itu pakan tambahan seperti kankung, jagung muda, kwaci, dan tauge. Ada beberapa teman peternak yang memberikan semacam vitamin agar birahi lovebird naik.
Kalau saya pribadi memakai cara yang alami dengan memberikan pakan kangkung dan tauge. Teman-teman di Tegal maupun di Semarang pun kebanyakan memakai potongan kangkung dan tauge agar produksi lovebird juga tetap lancar.
Untuk pemberian potongan kangkung bisa di letakkan di dalam wadah atau nampan kemudian di taruh di dalam kandang koloni. Maka lovebird akan turun untuk makan kangkung. Untuk pakan kangkung ini bisa dibilang sebagai rahasia para peternak agar bisa sukses ternaknya yakni produksi anakan lovebird bisa lancar terus.

Pemberian kangkung di kandang lovebird dilakukan dua hari sekali. Nah kalau indukan lovebird sudah pada mulai mengeram, frekuensi pemberian kangkung bisa dikurangi. Bisa seminggu sekali. Tapi kalau sudah meloloh anakannya kangkung bisa diberikan tiga heri sekali. Manfaat kangkung bagi indukan lovebird yang sedang meloloh anaknya adalah anakannya nanti pencernaannya akan lancar. Sama halnya manusia yang makan sayuran pasti pencernaannya akan lancar. Betul kan? Pemberian kangkung bisa diselingi dengan tauge atau kecambah kacang hijau.
Kandang Koloni yang Tenang dan Bebas dari Predator
Predator utama kita dalam beternak lovebird adalah kucing, tikus, dan ular. Di blog ini saya sudah pernah menyampaikan ada teman peternak yang lovebird dimakan ular kobra. Sayang sekali bukan kalau sudah dimakan sama predator?
Jadi kita pastikan kandang lovebirdnya itu tikus, kucing, bahkan ular tidak bisa masuk ke dalam kandang koloni. Kalau ada kawat yang mulai karatan kita harus segera perbaikinya. Peletakkan kandang sebaiknya di tempat yang jarang dilalui oleh orang. Kebanyakan teman peternak menempatkan kandang ternak koloni ada dibagian belakang atau samping rumah. Pokoknya yang jauh dari orang kemudian predator.
Kalau lovebird selalu merasa aman, maka akan berpengaruh dalam tingkat produksi. Produksi lovebird bisa lancar kemudian tidak ada indukan yang stres. Dari beberapa pengalaman kalau indukan stres telurnya ada yang dimakan ataupun ada yang disembunyikan di dalam sarang. Kalau sudah seperti itu biasanya untuk produksi berikutnya susah lagi. Saran saya kalau indukan yang mudah stres diambil saja kemudian diletakkan di tempat yang benar-benar sepi, insyaAllah produksi akan lancar.
Oke demikanlah pembahasan mengenai cra ternak lovebird koloni agar cepat bertelur yang cukup panjang ini. Semoga bisa bermanfaat. Saya berpesan kepada Anda yang masih pemula agar tetap semangat dalam beternak lovebird. Kalau kita lihat kesuksesan orang lain pasti akan tertarik dan ingin sukses juga. Tapi dibalik kesuksesan itu banyak sekali pengalaman yang membuatnya jatuh kemudian bangun lagi. Rata-rata para peternak yang sukses itu pernah jatuh bahkan ada yang frustasi dan bisa bangkit lagi. Pokoknya tetap semangat, selalu berusaha, dan BERDOA.

0 comments:

Posting Komentar