Selasa, 20 Maret 2018

6 ciri-ciri lovebird jantan over birahi yang perlu diketahui oleh pemula

Abdullah Yatmono

Kalau burung lovebird jantan yang biasa kita konteskan sedang mengalami over birahi akan membuat kita pusing. Biasanya yang semula bisa ngekek sampai 40 detik sekarang hanya bisa ngekek 10 detik saja. Sebenarnya burung yang sudah dewasa secara alamiah akan merasa butuh pasangan hidupnya. Terkadang kita sebagai pemiliknya tidak peka dengan burung yang kita miliki. Over birahi ini tidak hanya terjadi pada burung lovebird saja. Akan tetapi terjadi pada setiap jenis burung entah burung parkit, burung jalak suren, kakak tua, nuri, dan lainnya.
Pada burung lovebird akan mulai mengalami birahi pada umur 10 bulan. Kalau pada umur di bawah satu tahun biasanya lovebird jantan tidak sampai gesek tangkringan (mengawini tangkringan). Kalau lovebird yang sudah over birahi sudah sampai gesek tangkringan akan susah diobati lagi karena walaupun sudah dijodohkan pun terkadang masih terlihat gesek tangkringan.
Berikut ini ada 5 ciri-ciri lovebird jantan yang sedang over birahi. Pemula sebaiknya perlu tahu agar bisa paham dalam memelihara lovebird.
ciri-ciri lovebird jantan over birahi
gesek tangkringan
1. Gesek tangkringan
Lovebird jantan yang sudah over birahi banget yang umurnya sudah sampai 1 tahunan sering mengawini tangkringannya. Nah cirinya lovebird akan menggesekkan kloakanya ditangkringan seperti terlihat mengawini tangkringannya. Kalau di tempat saya di Kota Tegal namanya GESTANG kepanjangan dari GESEK TANGKRINGAN. Kalau gestang sendiri terjadi karena kita sebagai pemilik terlanjur membiarkan lovebird jantan birahi. Kalau tidak segera ditangani akan terjadi gestang. Cara yang paling mudah untuk mencegah gestang adalah dengan mencarikan jodohnya. Jadi lovebird jantan kalau sudah muncul tanda-tanda birahi segera dijodohkan dengan lovebird betina yang umurnya minimal 10 bulanan. Kalau sama-sama sudah birahi dalam waktu dua atau hari biasanya lovebird sudah jodoh.
2. Frekuensi bunyi makin berkurang atau malahan macet bunyi
Bagi lovebird mania yang suka lomba gantang lovebird akan kecewa sekali kalau lovebird andalannya over birahi. Pasalnya lovebird yang sedang birahi akan macet bunyi. Yang tadinya bisa ngekek satu menit sekarang hanya bisa ngekek 20 detik saja atau bahkan ada lovebird yang cenderung diam tidak mau bunyi. Kalaupun bunyi hanya beberapa kali saja. Sayang sekali bukan kalau gaco lomba kita macet bunyi? Kalau saya pribadi tidak pernah main gantang lovebird. Karena emang gak mau main dan tidak boleh hehehe.
lovebird sedang ngeruji
3. Sering ngeruji
Lovebird yang lagi over birahi juga terlihat sering ngeruji. Atau sering terlihat menempel di tepi sangkar. Kalau terdengar suara lovebird betina biasanya akan bertingkah seperti itu. Apalagi kalau lomba kebanyakan lovebird yang dilombakan dari lovebird betina. Kalau sudah seperti ini lovebird jantan kita yang sedang birahi bisa jadi gagal ngekek tapi malahan sering ngeruji ingin keluar kandang dan mendekati lovebird betina.

4. Lovebird cabut bulu
Kalau lovebird jantan yang birahi tidak kunjung ditangani maka akan berakibat gesek tangkringan dan cabut bulu. Lovebird jantan akan sering mencabut bulunya sendiri pada bagian leher dan dada. Ada yang sampai gundul pada bagian dada sampai ke lehernya. Kalau sudah seperti itu akan terlihat tidak rapi dan kalau dijualpun harganya relatif lebih rendah. Baca juga cara mengatasi anakan lovebird memuntahkan makanannya
5. Indukan lovebird jantan birahi bisa menyerang anakan
Saya pernah mengalami kejadian anakan lovebird di dalam glodok dibantai oleh induknya. Padahal saya tidak sering membuka glodoknya dan memang indukan itu tidak mudah stres. Pokoknya terlihat jinak kalau kita dekati. Nah waktu itu saya yang masih pemula melihat indukan betina yang masih meloloh tapi indukan jantan terlihat ingin mengawininya. Dan akhirnya pas saya buka glodok kaget, anakan lovebird telah mati dan betuknya sudah gepeng. Mungkin sudah terinjak-injak. Kemudian setelah satu minggu anakannya mati ternyata saya  buka glodok indukan betina sudah bertelur dua butir. Jadi kesimpulannya lovebird jantan itu over birahi sehingga bisa menyerang anakan yang sedang diloloh.
6. Terlihat galak
Lovebird jantan sedang birahi juga akan terlihat galak. Misalnya kalau kita dekatkan tangan kita ke dalam kandang biasanya akan dipatuk. Pada hari-hari biasanya tangan tidak dipatuk. Tapi untuk ciri-ciri lovebird jantan yang sedang birahi ini tidak semuanya terjadi pada lovebird. Ada tipikal lovebird yang kalau kita dekati cenderung menghindar.

0 comments:

Posting Komentar