Kenapa lovebird tidak mau ngekek panjang lagi alias macet

Saat ini dunia lovebird benar-benar maju. Burung yang berasal dari Benua Afrika ini ternyata bisa dilombakan dari sege suara (ngekek) dan keindahan bulunya. Nah yang sering dikonteskan hampir tiap minggu diberbagai daerah adalah lomba ngekeknya siapa yang paling panjang. Animo masyarakat Indonesia begitu tinggi dalam memelihara lovebird. Ada lovebird prestasi yang dihargai mobil Alphard seperti lovebird dengan nama Kusumo.
Penyebab lovebird macet bunyi - Bagi yang suka bermain gantang lovebird (kontes suara) pastinya pernah atau sedang mengalami masalah kalau lovebirdnya yang semula ngekeknya bisa panjang dan sering tapi sekarang malahan macet bunyinya. Atau barangkali Anda yang membeli lovebird kekean yang sudah prestasi tiba-tiba setelah di tangan kita tidak ngekek panjang lagi seperti di tangan pemilik pertama. Oke kali ini saya akan fokus mengupas pada penyebab lovebird macet bunyi
1. Usia burung sudah semakin tua
Seperti halnya seorang petinju memiliki masa usia emas dalam meraih kemenangan. Sama halnya lovebird juga demikian yakni memiliki usia dimana ngekekya bisa panjang. Bagi para pemain gantangan lovebirdnya yang sudah macet dan sudah tidak bisa disetting lagi maka di pensiunkan dan masuk dalam kandang ternak untuk menghasilkan anakan-anakan trah juara. Anakan lovebird trah juara ini akan bernilai jual tinggi dibandingkan anakan lovebird biasa (non trah jawara).
Usia emas lovebird bisa ngekek panjang mulai umur 6 bulan sampai dengan 18 bulan. Teman saya yang memiliki lovebird ngekek panjang akhirnya macet bunyi pada umur 2 tahun dan sekarang mau ditangkarkan untuk menghasilkan trah juara.
2. Lovebird mengalami obesitas
Kalau lovebird kekean kita berjenis kelamin betina, maka kalau kegemukan pada bagian dada ataupun dekat anus akan terlihat menggembung (terlihat lemaknya). Baca juga cara menghilangkan lemak pada lovebird karena kegemukan. Nah lemak tersebut akan kelihatan sebagai tanda kegemukan. Kalau sudah seperti itu biasanya lovebird akan malas bunyi. Lovebird juga terlihat tidak lincah lagi. Biasanya Lovebird Mania akan memberikan pakan yang standar saja sebagai upaya untuk mengurangi lemaknya.
3. Salah perawatan
Sudah saya singgung di atas kalau kita membeli lovebird prestasi kemudian setelah di tangan kita lovebirdnya tidak ngekek panjang seperti di tangan pertama. Nah penyebab utamanya adalah salah perawatan dan salah penanganan selama pemeliharaan. Hendaknya setelah kita beli burung prestasi tersebut kita meminta rahasia perawatannya sehingga lovebirdnya bisa ngekek panjang. Kalau kita sudah mengetahui pola perawatan dari pemilik sebelumnya maka kita bisa menjaga lovebird tersebut agar terus mempertahankan ngekek panjangnya. Untuk awal-awal memang butuh penyesuaian dengan lingkungan yang baru. Tapi kalau dari pola pemandian dan pemberian pakan kita bisa meminta resepnya kepada pemilik pertama. Semoga berhasil yah!

4. Lovebird mengalami over birahi dan stres
Pada umur 10 – 12 bulan lovebird akan mulai mengalami birahi. Kalau dari pakannya banyak mengandung protein yang tinggi atau diberi sayuran kangkung maka bisa mengakibatkan over birahi. Nah kalau sudah seperti itu maka lovebird akan malas berbunyi. Solusi lain biasanya dicarikan jodohnya atau diturunkan birahinya tanpa mencarikan jodoh. Bisa juga lovebird yang stres karena tidak cocok dengan lingkungan sekitar. Mungkin karena sering melihat tikus atau kucing yang berusaha menakutinya.
5.  Lovebird mengalami mabung
Ada beberapa lovebird umur satu tahunan ada yang sudah mengalami mabung yang pertama. Seperti ayam bangkok kalau sudah menjadi pacek (indukan) akan mabung atau berganti bulu yang baru. Kalau sedang mabung lovebird akan cenderung macet bunyi. Selama mabung sebaiknya disediakan pakan yang baik dan jangan lupa diberi vitamin agar mabungnya cepat selesai.
6. Lovebird sedang sakit
Pasti di kalangan Lovebird Mania gaco atau jawara lovebird nya pernah macet karena sedang sakit. Kalau terlihat seperti ngantukan atau dadanya nyilet segera saja diberi vitamin yang sudah banyak dijual di toko-toko burung terdekat.
Oke demikianlah ada 6 penyebab yang sering dialami oleh Lovebird Mania yang gaco jawara prestasinya mengalami macet bunyi. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kenapa lovebird tidak mau ngekek panjang lagi alias macet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel