Rabu, 21 Februari 2018

Studi kasus : cara cepat supaya pasangan lovebird masuk glodok

Abdullah Yatmono

Kemarin ada pertanyaan masuk di WA saya dari Om Ilham, Sragen. Beliau ini memiliki permasalahan bahwa ia membeli sepasang indukan lovebird tapi setelah dipelihara di rumahnya sampai saat ini belum mau masuk glodok bareng. Padahal ia sudah membelinya selama satu bulan dan belinya pun bersama dengan glodok yang biasa dipakai.
cara cepat supaya burung lovebird masuk glodok
Sepasang lovebird cobalt | foto om Khanza Hai
Nah dari kasus tersebut sama seperti yang pernah saya alami. Jadi waktu itu saya membeli indukan lovebird warna cobalt dengan pastel hijau yang memang benar-benar jaminan indukan yang dibeli dari teman saya. Dua minggu yang lalu indukan tersebut meloloh anaknya. Tapi waktu itu saya beli tidak dengan glodoknya (beli burja burung saja). Saya pun masukkan indukan tersebut ke dalam kandang baterai yang sudah tersedia glodoknya. Eh saya amati ternyata indukan itu tidak mau masuk glodok. Saya tunggu hampir satu minggu belum juga masuk ke dalam glodok.

Dari masalah itu saya tanya kepada teman saya yang sudah lama bermain ternak lovebird. Katanya memang ada tipikal atau sifat dari indukan yang sudah untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Apalagi lingkungan kandang ternak lovebird saya ramai sering dilalui orang karena letaknya di garasi motor hehehe.
Saran dari teman saya agar indukan itu mau masuk bareng ke dalam glodok bisa melalukan tips berikut ini!
1. Indukan yang telah meloloh anaknya sebaiknya dijemur selama seminggu. Waktu pagi dimandukan sampai basah kuyup kemudian dijemur selama 2 jaman. Jemur pagi jam 7 kemudian diambil jam 9. Hal ini akan meningkatkan birahi lovebird juga. Setelah seminggu dijemur kemudian dimasukkan ke dalam kandang ternak lagi dan lovebird siap berproduksi lagi.

2. Meningkatkan birahi lovebird dengan pakan.
Pakan yang saya gunakan untuk menaikkan birahi lovebird adalah sayuran kangkung, kwaci matahari, dan tauge. Seminggu sekali untuk indukan diberi jagung muda. Untuk menaikkan birahi saya berikan kangkung setiap hari selama dua minggu. Setelah terlihat kawin pun saya tetap berikan kangkung sampai bertelur. Agar kangkungnya tidak di bawa indukan ke dalam kandang, kangkung dipotong-potong. Nah setelah birahi lovebird naik maka secara atomatis indukan akan kawin dan masuk ke dalam glodok lagi. Indukan akan membangung sarang ke dalam glodok.
Oke kesimpulan dari uraian yang saya sampaikan adalah agar pasangan lovebird yang baru dibeli supaya cepat masuk ke dalam glodok adalah dengan menaikkan hirahinya dengan pola pakan (memberikan kangkung atau tauge). Setelah birahi lovebird akan kawin dan masuk ke dalam glodok untuk membangun sarang dan bertelur. Semoga bermanfaat J

0 comments:

Posting Komentar