Senin, 15 Januari 2018

Mata lovebird merem sebelah kemungkinan besar terkena snot

Abdullah Yatmono

Kalau mata lovebird merem sebelah kemungkinan besar mengalami penyakit Snot. Penyakit snot merupakana penyakit yang sangat ditakuti oleh peternak lovebird. Karena penyakit ini bisa menular pada lovebird yang sehat jika pada kandang koloni. Oleh karena itu kalau terlihat ada lovebird yang terlihat sakit segera saja diambil dari area kandang lovebird atau di dalam kandang koloni. Tujuannya adalah agar penyakitnya tidak menyebar atau menular ke lovebird lainnya.
Untuk ciri-ciri snot sebenarnya sudah pernah saya bahas pada artikel Perawatan Lovebird yang Terkena Snot.
Kebanyakan lovebird yang terkena penyakit snot ini tidak tertolong kalau tidak segera ditangani. Saat ini sudah banyak obat snot yang bisa Anda gunakan kalau lovebirdnya terkena gejala snot. Jadi kalau sudah terlihat ada tanda atau gejala langsung segera diobati.
Mata lovebird merem sebelah kemungkinan besar terkena snot
kredit foto Om Lee
Gejala snot pada lovebird
1. Untuk gejala Snot yang ringan akan terlihat bengkak pada area mata. Nah kalau sudah terlihat bengkak dari biasanya harus segera diobati.
2. Kemudian kalau sudah agak meningkat lagi snotnya, selain bengkak matanya juga memerah dan bahkan berair seperti orang belekan.
3. Lovebird akan cenderung menjadi pendiam dan sering memejamkan matanya.
4. Terkadang telihat menggesek-gesekan mata atau kepalanya pada tangkringan atau juga sering garuk-garuk pada area mata dan kepala.

Nah kalau sudah seperti itu segera konsultasi dengan teman yang sudah pernah menangani hal tersebut atau bisa langsung beli obat snot nya di toko burung lovebird. Saya yakin saat ini sudah banyak beredar obat penyakit snot.
Nah kalau sudah terkena snot biasanya lovebird tidak memiliki nafsu makan. Akhirnya badannya kurus dan nyilet. Pada akhirnya ya say good bye... heheheh.,,
Nah bagi yang belum pernah mengalami snot bersyukur banget deh. Alhamdulillah...

Mulai dari sekarang harus dijaga kebersihan kandangnya. Setiap seminggu sekali harus wajib untuk membersihkan kandang. Selain itu air minum juga wajib diganti setiap hari. Kalau tidak sempat banget ya dua hari sekali. Tapi kalau indukan sedang meloloh harus setiap hari sekali diganti air minumnya. Jangan lupa pakai air yang matang yah atau pakai air galon Aqua kalau saya. Selamat beternak dan sukses selalu..

0 comments:

Posting Komentar