Kamis, 11 Januari 2018

Kenali gejala patek pada sekitar paruh lovebird sejak dini

Abdullah Yatmono

Seorang ketua Komunitas Lovebird dari Kota Tegal yang bernama Om Fidhi Anto berkenan membagi ilmunya dalam masalah penyakit patek. Penyakit patek ini juga bisa membawa dampak kematian seperti halnya penyakit Snot dan Nyilet. Patek pada lovebird juga mudah sekali menular pada lovebird lainnya yang ada di penangkaran kita. Oleh karena itu, kalau terlihat gejala patek pada salah satu lovebird, sebaiknya kita harus mengambilnya dan mengkarantinanya.
Kenali gejala patek pada sekitar paruh lovebird sejak dini
Kredit Foto Om Fidhianto
Penularan patek ini bisa terjadi karena bersentuhan secara langsung antar lovebird dan bisa dari bekas kandang atau bekas tempat lovebird yang terkena patek. Jadi bakteri patek ini bisa menempel pada kandang lovebird dan bisa menular pada lovebird yang sehat. Patek pada lovebird sering menyerang pada sekitar paruh baik di sekitar mata, paruh itu sendiri, lidah, dan kaki lovebird. Nah kalau yang susah ditangani kalau pateknya menyerang lidah lovebird.
patek pada area mata lovebird
Foto Om Theo
Jenis-jenis patek
Patek lovebird dibagi menjadi dua macam yaitu patek kering dan patek basah. Kalau patek basah lebih berbahaya dan mudah menyebar ke area lain pada tubuh lovebird.
Gejala patek pada lovebird
Pada gejala dini, pada area paruh atau lainnya terlihat titik merah. Bisa dilihat seperti pada gambar. Nah kalau diamati beberapa hari titik merah tersebut tambah melebar berarti itu patek.
Om Fidhi Anto telah memberikan tips untuk mengenali gejala lovebird yang mengalami penyakit patek sejak dini. Berikut rangkumannya!

1. Burung yang setelah berkelai akan terlihat memar ataupun berdarah pada sekitar paruhnya karena mungkin saling mematuk. Kalau burung yang berkelai ini hasil memarnya tidak akan melebar.
2. Kalau penyakit patek ada perubahan dari titik merah yang semakin membesar. Bisa saja timbul satu titik merah kemudian timbul titik-titik merah lagi pada bagian lainnya dan semakin melebar titik merahnya dan membesar. Kalaupun tidak berwarna merah tapi titik kuning yang membesar. Pada umumnya patek yang titik merah ketika sudah membesar akan timbul titik kuning.
Kalau terkena patek kering tidak cepat membesar dan melebar akan tetapi kalau patek basah akan lebih cepat melebar dan membesar sehingga mengancam kesehatan burung. Butuh penanganan yang khusus bagi lovebird yang terkena patek seperti harus dikarantina dan diberi obat yang tepat.
Oke demikianlah informasi mengenai gejala patek pada lovebird sejak dini. Semoga burung kita selalu sehat. Dan harus ada upaya dari kita untuk selalu rajin membersihkan kandang lovebird seminggu sekali. Dan kalaupun mau membeli lovebird harus betul hati-hati (pilih yang sehat). Semoga sukses!

0 comments:

Posting Komentar