Senin, 15 Januari 2018

Analisis keren keuntungan ternak lovebird warna menengah pertahun 75 juta

Abdullah Yatmono

Adalah Mba Giska Setia Ning seorang Lovebirdwati dari Kota Tegal yang membagikan analisis gilanya dalam ternak lovebird. Oya dinamai Lovebird wati karena menamainya sendiri hehe. Kalau boleh saya beri julukan namanya Ratu Lovebird dari Tegal. Di rumahnya terdapat penangkaran lovebird dengan warna-warna yang luar biasa. Boleh dikatakan beliau ini bersama dengan suaminya itu beternak lovebird menghasilkan warna-warna yang keren.
Di penangkarannya sudah tidak ada lagi warna hijau standar, mangsi, cobalt, atau lutino. Tapi keluarnya sudah anakan parblue, vio fc, biola, dan euwing. Luar biasa banget bukan? Orangnya sangat ramah sekali dan mau berbagi informasi kepada kami yang masih pemula dan menyemangati kita-kita nih yang terkadang mentalnya itu sering down dalam beternak lovebird.
analisis keuntungan ternak lovebird
Kredit foto Giska Setia
Oke langsung saja ya, kemarin Mba Giska membagikan analisis dalam beternak lovebird hanya dengan ternak lovebird warna menengah yang anakannya itu dijual dengan harga 500.000 saja. Sudah tahu kan warna apa saja lovebird yang menengah? Oke bisa warna mangsi, violet, lutino, dan batman. Kalau cobalt sekarang harganya 350.000 – 450.000. ternyata dari hasil 10 indukan yang produk dalam setahun keuntungannya bisa mencapai 75.000.000. Haha... bisa dibayangin kan betapa menggiurkan sekali.

Nah apalagi yang sudah para master, yang punya 10 indukan parblue, euwing, dan biola pasti hasilnya sudah ratusan juta. Katakanlah anakan parblue saja harganya sekarang minimal 3,5 juta. Kalau dikalikan dengan pertahun satu indukan bisa menghasilkan 12 anakan berarti total penghasilan dari satu indukan kurang lebih 40 juta. Nah kalau punya indukan 10 parblue sudah 400.000 dalam setahun. GIILLLAAAAA.....
Oke untuk memperjelas foto di atas saya tuliskan kembali yah.
Masa kawin lovebird jangka waktunya 14 hari
Masa pengeraman telur 21 hari
Masa perawatan/ lolohan anakan 60 hari (sampai bisa makan sendiri)
Jadi total hari ada 95
Jumlah produksi dalam setahun katakanlah 3,79 kali atau bisa dibulatkan 4 kali produk dalam setahun normalnya. Bisa juga ada yang lebih dari 4 kali biasanya. Kadang ada yang sampai 6 kali dalam setahun (kalau anakan umur 2 minggu diambil).

Perhitungan income pertahun
Ada 10 pasang indukan menghasilkan anakan perindukan 4 ekor
Berartu jumlah anakan ada 40 ekor (dalam satu kali produk).
Jika dikalikan pertahun :
= 40 ekor X 3,79 (produksi dalam setahun)
= 151 – 152 (saya bulatkan 160 ekor)
Nah kalau warnanya menengah, untuk satu ekor anakan lovebird harganya 500.000/ekor, maka penghasilannya:
 = 150 x Rp500.000
= Rp75.500.000 / tahun
Jadi kebayang banget kan ya kalau indukannya biola, euwing, atau parblue? Tentunya lebih gila lagi.

Semoga informasi ini bisa memberikan motivasi bagi teman-teman yang masih pemula. Terutama bisa memotivasi diri sendiri agar lebih maju lagi. Ganti materi ternak lovebirdnya dengan warna-warna yang lebih keren lagi. Tentu dalam ternak lovebird ada masalah seperti anakan mati atau bahkan indukan sakit. Hal ini wajar karena setiap usaha pasti ada resiko. Nah saran saya kalau setiap penjualan anakan lovebird diiringi dengan sedekah berapa persen dari keuntungan agar ternak kita juga lancar. Semoga bermanfaat J

0 comments:

Posting Komentar