Sabtu, 02 Desember 2017

Tips sederhana dalam meloloh anakan lovebird supaya tidak tersedak

Abdullah Yatmono

Baru-baru ini saya diberitahu oleh kawan saya melalui grup komunitas lovebird di daerah saya tentang cara nyepet yang benar. Ya selama ini kami sudah benar sih dalam meloloh anakan lovebird. Kebanyakan kita yang sudah biasa meloloh anakan ada yang menggunakan spet dan ada yang menggunakan sendok. Kalau yang menggunakan sendok pasti lebih lama ketika melolohnya jika dibanding menggunakan spet.
cara meloloh anakan lovebird agar tidak tersedak

susunan saluran pencernaan burung lovebird
kredit foto Om Yans Ryantisca
Kalau menggunakan spet tinggal masukan ujung karetnya ke dalam kerongkongan burung bahkan agak dalam kemudian tinggal tekan aja alat suntikannya dan beres burung atomatis sudah kenyang. Nah cara inilah yang biasa kami gunakan mungkin jadi burungnya tidak merasakan enaknya bubur lolohan kali yah hahaha. Karena untuk menikmati rasa itu di lidah seperti manusia J

Nah dari tips yang teman saya bagikan di grup adalah sebagai berikut :
1. Jika menggunakan alat spet dengan karetnya yang pendek maka sebaiknya ketika memasukkan alat spet harus dari SEBELAH KIRI dari paruh lovebird. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar. Setelah dimasukan ke dalam paruh anakan lovebird kemudian ditekan pelan-pelan. Maka pakan bubur lovebird akan bisa langsung masuk ke dalam kerongkongan dan akan ke temboloknya.
2. Jika kita menggunakan spet yang pendek dan memasukkan alat spet dari SEBELAH KIRI paruh anakan lovebird maka makanan BISA MASUK KE DALAM SALURAN PERNAFASAN. Dan hal inilah yang menyebabkan anakan lovebird bisa tersedak. Nah kalau sudah tersedak ada kemungkinan kecil anakan lovebird kita bisa mati.

Nah itulah sobat lovebird mania dimanapun Anda berada tips yang begitu sederhana tapi sangat bagus untuk pengetahuan kita dalam hal menyepet. Kalau kita sendiri ketika tersedak makanan rasanya tidak enak banget. Bahkan ada cerita anak kecil yang tersedak karena makan bubur akhirnya harus dibawa ke rumah sakit dan tidak tertolong nyawanya. Mengerikan banget kan ya? Semoga kita tidak demikian AAMIIN.
Kalau Anda malas atau tidak ada waktu untuk merawat anakan lovebird dengan cara menyepet sebaiknya dititipkan kepada kawan atau jasa spet yang ada di daerah Anda. Seperti di tempat tinggal saya di Tegal jasa spet anakan lovebird sampai bisa makan sendiri perekor anakan Rp70.000. namun ada juga yang Rp60.000. Teman saya yang bernama Om Eko dari Randugunting Tegal sudah menjadi spesialis jasa spet. Alhamdulillah 99% anakan yang dititipkan ke Om Eko bisa hidup sampai bisa makan sendiri J

0 comments:

Posting Komentar