Minggu, 12 November 2017

Lama anakan lovebird keluar sarang

Abdullah Yatmono

Anakan lovebird yang diloloh induknya sampai besar akan keluar dari sarangnya pada umur dua bulan. Anakan lovebird yang dirawat oleh induknya memiliki karakteristik yang berbeda dengan anakan lovebird yang diloloh oleh kita (hand feeding). Anakan tersebut cenderung penakut dengan kita misalnya pada saat kita dekati. Kalau kita dekati biasanya akan langsung masuk ke dalam glodok bersama dengan induknya.
Lama anakan lovebird keluar sarang
Kalau lubang glodok dari bawah glodoknya tidak terlalu tinggi biasanya pada umur 1,5 bulan sudah bisa beluar dari glodok namun belum bisa terbang. Tapi kalau sudah umur 2 bulan anakan sudah bisa terbang dan masih latihan terbang. Untuk makannya pun terkadang masih diloloh induknya. Tapi kalau di dalam kandang disediakan jagung muda maka secara instingnya anakan lovebird akan mendekati jagung muda dan mematuknya. Kemudian anakan akan terbang juga ke wadah milet dan berusaha untuk memecahnya.

Akan tetapi kalau kita yang meloloh anakan lovebird bisa saja perkembangan anakan lovebird lebih cepat. Karena pada umur 1,5 bulan kita bisa mengenalkan milet putih dengan cara menabut milet putih tersebut pada bagian alas kandangnya. Anakan nantinya akan mematuknya dan pada usia 2,5 bulan sudah lancar makan milet putih ataupun kenari seed.
Keunggulan anakan lovebird yang diloloh induknya
Beberapa teman breeding sudah membuktikan bahwa anakan lovebird yang diloloh oleh induknya lebih sehat dan lebih kebal terhadap penyakit. Anakan yang diloloh oleh induknya akan mendapatkan air susu dari tembolok induknya. Jadi makanan yang dilolohkan memiliki kandungan antioksidan dan berbagai vitamin dari induknya. Jadi di dalam kandang kita harus menyediakan pakan yang bagus dan tidak boleh telat. Contoh pakan pada indukan yang sedang meloloh adalah:

a. jagung muda setiap dua hari sekali harus diganti
b. perbandingan kenari sed yang lebih banyak dibanding dengan milet putih
c. diberi irisan kangkung sedikit saja. Nah untuk yang satu ini masih dalam kontroversi. Ada teman peternak yang selalu menyediakan kangkung walaupun indukan sedang meloloh. Namun ada juga yang tidak menyediakan kangkung saat indukan sedang meloloh karena ditakutkan indukan akan kawin lagi dan bertelur kemudian tidak meloloh anaknya.
d. sediakan pakan lain pada wadah khusus seperti bubuk bubur lolohan.
Oya kelebihan lain dari anakan yang diloloh oleh induknya adalah bisa ngekek lebih panjang. Mungkin ini sering dilatih oleh induknya kali yah hehehe.
Kelemahan anakan lovebird yang diloloh induknya:
Nah kalau anakan yang diloloh oleh induknya itu cenderung bersifat agresih atau penakut. Jadi kalau kita dekati anakan tersebut maka akan berusaha menghindar dengan cara masuk glodok atau beterbangan di dalam kandang. Kemudian masih ada anakan yang umurnya sudah tiga bulan masih belum bisa makan milet putih. Jadi masih dalam tahap belajar makan milet putih. Oke itu saja penjelasan dari saya, semoga bisa bermanfaat J

0 comments:

Posting Komentar