Senin, 23 Oktober 2017

Tips ternak lovebird agar terhindar dari serangan ular seperti teman saya

Abdullah Yatmono

Pada kesempatan kali ini saya meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dalam beternak lovebird. Kemarin teman saya sharing di grup facebook kalau indukan lovebirdnya dimakan oleh ular cobra. Memang lokasi rumah teman saya ada di dekat persawahan. Kasihan sekali dalam waktu semalam ada dua indukan lovebird yang sudah produksi dimakan semuanya. Orang yang saat ini berhasil atau sukses dalam beternak lovebird pastilah pernah memiliki kendala.
Saya dulu pernah membeli indukan eh ternyata bukan indukan. Kemudian ada teman saya yang juga katanya membeli indukan lovebird eh ternyata usianya masih muda dan baru jodohan. Adalagi teman saya yang membeli lovebird euwing yang harganya akhirnya mati setelah beberapa bulan. Memang dalam hal usaha pasti ada kendala. Nah dari kendala tersebut kita bisa belajar dari masalah yang kita hadapi. Dengan adanya masalah tadi kita bisa mencegahnya agar hal tersebut tidak terulang kembali di masa mendatang. Dan ini juga bisa menjadi ilmu yang bisa ditularkan kepada kawan-kawan netizin pencinta lovebird.
Ada king cobra di kandang lovebird
Ceritanya ada teman yang mencoba nengok kandang indukan lovebird, eh ternyata burungnya tidak keluar-keluar. Setelah di amati di dalamnya ada ular kobra seperti terlihat pada foto di atas. Kalau di alam liar memang ular sangat suka dengan tikus dan burung. Apalagi untuk menangkap burung yang ada di dalam sangkar tidaklah sulit bagi ular. Kemdian sifat lovebird kalau ketakutan pasti masuk ke dalam glodok. Nah kalau sudah masuk ke dalam glodok atomatis menjadi sasaran yang empuk bagi ular. Langsung saja ular itu masuk dan dengan mudah menangkapnya kemudian dimangsanya.

Tempat tinggal yang sering terdapat ular
Daerah tempat tinggal yang sering atau masih terdapat ular adalah daerah persawahan. Kebanyakan perumahan itu tempatnya di bekas persawahan dan sekililingnya masih ada sawah. Nah di sawah paling banyak ada ular kobra dan sejenisnya. Kalau ada suara burung yang bunyinya di tempat itu terus maka ular akan mencarinya karena dikira ada mangsanya. Selain daerah persawahan, adanya ular juga di dekat perkebunan atau ladang. Untuk itu Anda harus waspada dengan adanya ular. Sedia payung sebelum hujan.

Tips mencegah ular masuk ke dalam kandang
1. Lingkungan rumah tertutup rapat khususnya bagian belakang yang biasanya dijadikan tempat untuk beternak lovebird. Teman-teman bisa membangun tembok yang cukup tinggi atau tidak bisa dilompati orang dan tidak ada pohon tinggi yang dekat dengan tembok. Jadinya ular tidak akan bisa masuk. Tapi kalau pembatas bagian belakang rumah kita masih memakai pagar, pastinya ular masih bisa menyelinap.
2. Tempat beternak lovebird di desain steril dari tikus maupun ular. Teman-teman bisa memakai kawat ram atau galvanis pada area kandang sehingga tikus maupun ular bahkan kucing tidak masuk ke dalam area kandang ternak lovebird.

Itu saja tips dari saya, pastinya teman-teman juga sudah paham dengan yang saya maksud. Oya jangan lupa setiap hari kita harus mengecek kandang yah. Pada pagi harinya air minumnya selalu diganti. Kalau tiap hari kita ngecek pasti kita tahu dimana kelemahan area kandang ternak lovebird kita. Jangan sampai juga ternak lovebirdnya dibobol oleh maling hehehe. Semoga sukses ternanyak J

0 comments:

Posting Komentar