Sabtu, 09 September 2017

Umur pemasangan ring lovebird dan cara memasangnya

Abdullah Yatmono

Umur pemasangan ring pada anakan lovebird yang paling tepat adalah antara satu minggu dan dua minggu. Saya biasanya memasang ring pada anakan lovebird umur 10 hari. Kalau masangnya pada umur 14 hari rasanya sudah susah tapi kalau pelan-pelan masih bisa. Nah bagi yang baru pertama kali memasang ring sebaiknya pada umur antara 7 hari sampai 14 hari seperti saya.
Umur pemasangan ring lovebird dan cara memasangnya
Cara pemasangan ring pada lovebird yang benar
Cara ini sudah diterapkan para breeder dan dijamin aman bagi anakan lovebird. Pada saat memegang lovebird harus hati-hati dan buat dia tenang terlebih dahulu. Kalau lovebird baru kita ambil biasanya tidak tenang, jadi didiamkan di tangan kita. Salah satu kakinya dipegang dengan jari dan jempol kita. Bisa dilihat pada foto di atas.
1. Sediakan ring yang akan kita pasang, air atau minyak goreng.
Anda bisa menggunakan minyak goreng sedikit saja yang dileskan pada bagian dalam ring dan pada kaki lovebird. Tujuan diolesi minyak goreng sedikit ini agar pemasangan ring pada lovebird mudah dipasang dan terasa licin. Tapi kalau yang sudah mahir tidap perlu memakai minyak goreng. Tapi menggunakan air sebagai pelicin.

2. Anakan lovebird dipegang terlebih dahulu dan tunggu sampai tenang.
Setelah terlihat tenang pegang salah satu kakinya. Para peternak kebanyakan memasang ring nya pada kaki sebalah kiri. Namun banyak juga yang memasangnya pada kaki sebelah kanan. Kalau saya lebih suka memasangnya pada kiri. Jadi tidak ada ketentuan dalam memasang ring pada kaki sebelah kanan ataupun yang kiri. Kalau pendapat saya pribadi. Kaki sebelah kanan hewan biasanya yang paling sering digunakan sama halnya manusia. Mungkin saja kaki kanan lovebird biasa digunakan untuk membangun sarang dan menggunakannya untuk yang lain. Jadi agar tidak terganggu saat melakukan aktivitasnya dengan kaki sebelah kanan, maka saya putuskan untuk memasangnya pada kaki sebelah kiri.
3. Sediakan ring dan minyak goreng atau air
Sediakan ring yang sudah diolesi minyak goreng. Kaki burung juga diolesi dengan minyak goreng sedikit saja yah. Kalaupun tidak memakai minyak goreng, Anda bisa memakai air. Jadi ring dan kaki burung lovebird diolesi air agar mudah memasangnya.
4. Cara pemasangan
Cara memasang ring ini adalah kaki burung sebelah kiri dipegang dengan jempol dan jari telunjuk. Sedangkan jari lainnya memegang bagian tubuhnya.
a. Pegang ketiga jari lovebird kemudian dimasukkan ketiga jarinya dan satu jari lagi diarahkan ke belakang.
b. Dorong pelan-pelang ring supaya masuk sampai penuh di kakinya.
Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada foto di atas.
Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara memasang ring pada anakan lovebird dan pada umur berapa yang cocok untuk pemasangan ring. Semoga bermanfaat dan sukses beternak lovebirdnya J

0 comments:

Posting Komentar