Senin, 11 September 2017

Umur berapa anakan lovebird membuka matanya sejak menetas?

Abdullah Yatmono

Ada pertanyaan yang masuk mengenai umur berapa anakan lovebird buka mata. Pada umur 14 hari atau dua minggu anakan lovebird sudah membuka matanya. Di dalam glodok yang gelap dan sedikit cahaya dari luar anakan lovebird sudah mengetahui atau melihat induknya. Selama di dalam glodok yang gelap tersebut indukan lovebird juga bisa melihat dan mengenaki anakannya dan melolohnya dengan baik.
umur berapa anakan lovebird buka mata
Pada umur 2 minggu juga sudah tumbuh bulu-bulu jarum (bulu yang masih terbungkus). Anakan lovebird sudah cukup besar dan sudah mudah untuk diloloh. Paruhnya juga sudah kuat dan akan selalu membuka ketika minta untuk diloloh. Para breeder kebanyakan mengambil anakan lovebird ini juga pada waktu umur 2 mingguan. Tujuan pengambilan ini agar indukan lebih cepat produksi.

Kalau indukan dibiarkan meloloh anakan terus bisa mencapai umur 2 bulan bahkan ada yang lebih. Pada umur tersebut anakan lovebird sudah keluar glodok dan sudah bisa terbang. Banyak juga yang pada usia 1,5 bulan sudah bisa keluar dari glodok namun belum bisa terbang. Keuntungan kalau anakan lovebird diloloh oleh indukan akan lebih tanahn atau kebal terhadap penyakit. Tapi kelemahanannya anakan lovebird lebih agresif atau terlihat liar kalau mau dipegang. Kalau di dekati orang nanti akan ketakutan.
Sebagai perawatan lovebird umur 2 minggu ini kalau kita loloh harus menggunakan bubur khusus lovebird. Ada berbagai merek lokal yang bagus untuk diberikan pada bayi lovebird ini. Anda bisa menemukannya di took-toko burung dengan harga yang terjangkau. Kalau di Tegal dimana tempat saya tinggal, satu bungkus Exotic ukuran 350 gram harganya Rp30.000. kalau untuk pakan satu burung sudah cukup sampai dua bulan atau sampai bisa makan sendiri.

0 comments:

Posting Komentar