Kamis, 07 September 2017

Pentingnya membuat data penangkaran bagi peternak lovebird yang masih pemula

Abdullah Yatmono

Saat ini para peternak lovebird yang ada di daerah Solo dan Yogyakarta sudah menerapkan sistem data penangkarannya. Banyuaak sekali keuntungan yang diperoleh ketika ada data secara konkret atau data administrasi yang telah dibuat.
Beberapa keuntungan tersebut antara lain adalah
Pentingnya membuat data penangkaran bagi peternak lovebird yang masih pemula
contoh surat lahir lovebird
1. Hasil anakan lovebird dari peternakan kita tertata dengan baik secara administrasi.
2. Karena banyak anakan lovebird pada peternakan kita, kita tidak mungkin hafal satu-satu dari umurnya. Dengan adanya data recording ini kita bisa tahu umurnya yang dilihat dari ring yang dipakai dengan nama ring yang ada di buku atau kertas catatan.
3. Kita bisa mengetahui sejauh mana hasil anakan lovebird prestasi yang kita miliki, anakannya apakah meniru dengan induknya ataukah tidak.
4. Pelanggan yang membeli anakan lovebird pada kita merasa puas dan percaya dengan apa yang kita jual. Hal ini karena kita tahu secara detail tentang lovebird yang kita miliki tersebut.
5. Usaha ternak lovebird kita semakin berkembang tentunya. Bisa dijadikan patokan untuk hasil ternak ke tahun berikutnya.
Apa saja yang perlu dicatat?
Untuk mengetahui secara detail dari anakan lovebird kita secara mudah dengan pemasangan ring yang berbeda-beda. Contohnya saya memiliki nama ring AJIB kemudian belakangnya diikuti dengan nomor 001. Jadi nama ring yang dipakai burung saya AJIB 001, selanjutnya pada burung lain AJIB 002 dan seterusnya. Jadi kalau kita pesan ring sebaiknya nomor ringnya berbeda-beda. Bisa ditambahkan nomor HP yang bisa dihubungi juga.

Jadi nama ring yang dipakai burung dicatat pada kertas khusus. Misalnya seperti surat kelahiran. Oke secara singkat apa saja yang perlu dicantumkan saya ringkas sebagai berikut :
1. Nama Ring, misal AJIB 007
2. Tanggal lahir : 7 September 2017
3. Warna Lovebird : Lutino Mata Merah
4. Indukan : Lutino Mata Merah (J) X Cobalt (B) / Trah ngekek panjang 2 menit
Disini bisa disebutkan trah ngekek panjang
5. Prestasi Lomba : Juara 2 Latber Kota Tegal, Juara 1 Latber Kec. Kemantran, dan seterusnya.
Kalau sudah tercatat demikian kita akan mudah juga untuk memilih mana lovebird yang berprestasi dan yang tidak. Dalam penentuan harga pun juga kita tidak kebingungan ketika calon pembeli mau datang. Mungkin karena lovebird prestasi yang dimiliki kita banyak jadi bingun menentukan harga hehe.
Jadi dalam hal pencatatan data yang baik akan menimbulkan kepercayaan kita kepada konsumen. Karena tidak munafik kita ingin hobi kita itu bisa menghasilkan uang yang berlimpah hehe. Pelanggan yang puas akan datang kembali dan bisa jadi akan menularkan informasi ini kepada teman-teman lainnya.

0 comments:

Posting Komentar