Sabtu, 09 September 2017

Manfaat pemasangan ring pada lovebird dari hasil penangkaran

Abdullah Yatmono

Manfaat pemasangan ring pada kaki lovebird dari hasil ternak kita sangatlah banyak. Kita yang masih pemula dalam memelihara lovebird sudah saatnya memikirkan untuk membeli ring. Walaupun kita masih memiliki dua atau indukan lovebird yang sudah menghasilkan saran saya sebaiknya kita memiliki ring sendiri.
Manfaat pemasangan ring pada lovebird dari hasil penangkaran
Kalau di Komunitas Lovebird Indonesia Korwil Tegal, ketua kami Fidhianto menyarankan kami untuk memasang ring KLI G kemudian dibelakanganya diikuti dengan nomor kita. Walaupaun hasil ternakan lovebird kita masih sedikit beliau menyarankan untuk memasangnya. Menurut saya pribadi Ring pada kaki lovebird merupakan Brand dari penangkaran kita. Kalau lovebird kita juara lomba ngekek atau lomba beauty contest akan menambah nilai dan anakan dari hasil penangkaran kita harganya bias naik karena sudah diperhitungkan.
Jadi langkah yang pertama adalah kita memikirkan nama ring. Kalau saya memiliki nama ring kemudian diikuti dengan nomor urut dari ring. Misalnya pemasangan ring pada anakan lovebird ada tiga ekor maka bisa dibuat ring: AJIB 001, AJIB 002, AJIB 003, dan seterusnya. Atau bisa memakai kode lain. Jadi intinya pada masing-masing burung memiliki nomor ring yang berbeda. Bisa juga ditambahkan dengan NOMOR HP kita.

Oke berikut ini manfaat pemasangan ring pada lovebird hasil penangkaran kita.
1. Untuk mengetahui asal muasal burung
Kalau ada ring pada kaki lovebird akan menandakan burung tersebut berasal dari penangkaran milik seseorang. Nah nama tersebut kalau kita ketikan di google biasanya muncul. Kebanyakan nama ring disertakan di facebook, jadi kalau ada orang mencarinya maka nama kita yang akan muncul. Kalau burung kita bagus dan prestasi pasti orang akan mencari pemilik ring dan mungkin akan memesan burung kepada kita.
2. Sebagai branding
Sudah sedikit saya singgung di atas bawah penamaan ring bisa menjadi branding terhadap penangkaran lovebird kita. Kalau kita sering menjuarai perlombaan dan anakan dari lovebird juara tersebut dijual biasanya memiliki nilai jual yang tinggi. Nilai tersebut karena berasal dari trah juara. Nah dari situ nama ring kita pun bisa semakin terkenal dan semakin diperhitungkan di dunia Lovebird Mania.
3. Untuk mengetahui asal indukan
Jadi dalam ring diberikan nomor atau kode tertentu. Misalnya ada pasangan lovebird lutino J X Cobalt hasil anakannya diberi kode E. Nama ringnya bisa menjadi AJIB E01. Untuk penamaan hurung depannya boleh sesuka hati kita. Barang kali Anda mau mengikuti nama ring saya. Penamaan ring ini bisa menjadi recording terhadap anakan yang dihasilkan dari indukan trah ngekek panjang atau yang lainnya. Bisa juga dari trah warna seperti euwing atau violet.
Itulah sekedar sharing saya seputar manfaat pemasangan ring pada kaki lovebird. Semoga bisa menginspirasi Anda. Jangan minder kalau baru punya dua atau tiga indukan. Kalau ditekuni secara serius dan perawatan lovebird yang baik maka hasilnya akan memuaskan karena USAHA YANG MAKSIMAL HASILNYA JUGA LUAR BIASA.

0 comments:

Posting Komentar