Kamis, 07 September 2017

Cara merawat anakan lovebird umur 2 – 3 bulan untuk lomba biar ngekek panjang

Abdullah Yatmono

Cara merawat anakan lovebird umur 2 – 3 bulan untuk lomba biar ngekek panjang ini saya peroleh dari Om Beny dari peternak lovebird daerah Solo. Dari hasil peternakannya beliau sudah menghasilkan puluhan lovebird yang bermental fight sejak umur 3 bulan. Mumpung mau berbagi saya akan bagikan juga kepada teman-teman lovebird mania yang senantiasa mengunjungi blog saya ini.
Oke langsung salja yah bagaimana perawatan lovebird yang umurnya baru 2 sampai 3 bulan :
Cara merawat anakan lovebird umur 2 – 3 bulan untuk lomba biar ngekek panjang
1. Dari segi pakan
Pakan yang utamanya adalah milet putih yang dicampur dengan keneri sed. Perbandingannya bisa banding 2 takar milet putih da 1 takar kenari sed. Untuk extra fooding (pakan tambahan) bisa jagung muda dan satu tangkai kangkung setiap harinya. Pemberian ini dimulai dari umur 2 bulan sampai 4 bulan.
2. Pemandian
Pada umumnya para penangkar sering memandikan lovebird dengan cara disemprot menggunakan hand sprayer. Kali ini bisa dimandikan dalam hal yang berbeda. Pemandiannya seperti burung perkutut yaitu dengan dipegang. Kemudian dialirkan air dari kran dengan kucuran yang tidak besar. Mulai dari sayap, ekor, kepala, dan dada dimandikan sampai basah. Jangan sampai airnya mengenai lubang hidung yah.
Dengan pemandian yang demikian akan melahirkan ikatan batin yang baik antara lovebird dengan pemiliknya.

3. Proses penjemuran
Kebanyakan penjemuran yang dilakukan penangkar lain setelah dimandikan basah kuyup langsung saja dijemur di bawah sinar matahari pagi. Namun kali ini berbeda. Setelah dimandikan dengan cara dipegang kemudian lovebird diangin-anginkan di teras atau halaman rumah yang tidak terkena sinar matahari. Setelah bulunya mulai kering sedikit barulah dijemur. Penjemuran pada burung muda ini jangan terlalu lama yakni cukup 20 menit saja. Bisa dimulai pukul 08.00 sampai 08.20. Proses penjemuran bisa dilakukan di teras rumah dan tidak digantang pada umumnya.
4. Proses pemasteran
Pemasteran dilakukan setelah burung dijemur. Pada waktu pemasteran bisa dilakukan di teras rumah atau halaman ataupun ruang khusus pemasteran tapi yang tempatnya ramai. Pemasteran bisa dilakukan sampai siang hari dengan menyetel musik MP3 kemudian dimulai lagi pada sore hari jam 4. Tujuan pemasteran di tempat ramai itu untuk membiasakan lovebird tidak takut dengan orang yang pada saat di gantang dalam perlombaan sudah biasa.
Suara burung pemasteran harus berbeda-beda yah. Jadi jangan suara lovebird ngekek panjang terus yang diputar. Tetap ada suara burung lain seperti tengkek buto, kenari, dan lainnya. Pada jam 5 sore atau pada waktu magrib burung diberi kerodong full agar bisa instirahat secara total. Kerodong dibuka lagi pada jam 7 pagi dan tempatkan lagi di teras rumah agar menghirup udara pagi yang sejuk.

0 comments:

Posting Komentar