Senin, 04 September 2017

Cara Mengatasi Lovebird Jantan Tidak Mau Kawin

Abdullah Yatmono

Pernah suatu ketika teman saya menjodohkan lovebirdnya dan ternyata mau jodoh. Setelah ditunggu-tunggu lovebirdnya tidak kunjung kawin. Padahal lovebird betinanya sudah birahi. Ciri-ciri lovebird betina yang sudah birahi adalah ngeleper atau membentangkan sayapnya. Untuk lebih jelasnya bisa lihat ciri lovebird betina yang birahi. Kalau lovebird jantan yang over birahi bisa mengawini tangkringan atau yang biasa disebut dengan gestang. Lovebird yang gestang ini biasanya harganya murah. Ada orang yang beranggapan bahwa lovebird yang sering gestang tidak bisa dijodohkan. Pernyataan tersebut tidaklah benar.

Cara Mengatasi Lovebird Jantan Tidak Mau Kawin

Oke saya lanjut ke masalah yang ada di judul tadi. Kadang ada peternak yang masih pemula kemudian putus asa dalam menjodohkan atau bahkan yang baru beli indukan lovebird sama temannya tapi tidak kunjung bertelur karena lovebird jantannya tidak mau mengawini pasangannya lovebird betina. Awal saya beternak pun begitu, rasanya deg-degan sekali kalau indukan lovebird yang saya beli belum kawin. Karena sudah terlanjur beli mahal ingin rasanya saya mau mengembalikan indukan tersebut kepada penjualnya. Saya biasanya jual beli lovebird secara online tapi untuk area kabupaten Tegal saja.
Penyebab lovebird jantan tidak mau kawin
Penyebab yang paling utama ketika lovebird jantan belum mau mengawini lovebird betina adalah lovebird jantannya belum birahi. Jadi dalam hal memelihara atau beternak lovebird itu gampang-gampang susah. Kemudian penyebab selanjutnya bisa jadi karena lovebird betinanya belum birahi yang kalau lovebird jantan mau mengawini lovebird betina tapi yang betina tidak mau. Hal ini juga menjadi masalah.

Cara agar lovebird jantan mau kawin dengan lovebird betina
Agar lovebird jantan dan betina mau kawin rahasianya adalah kita meningkatkan birahi kedua lovebird. Cara untuk meningkatkan birahi lovebird adalah dengan pemberian pakan. Selain faktor pakan, kandang ternak juga harus bersih, pakan juga diperhatikan, kondisi lingkungan yang sepi.
Untuk meningkatkan birahi lovebird, saya biasa menggunakan sayuran kangkung yang dipotong-potong kemudian diberikan pada pasangan lovebird. Saya berikan setiap hari kangkung tersebut. Kadang-kadang saya kombinasikan dengan kecambah kacang hijau (tauge). Di dalam pakan milet pun saya campurkan dengan kwaci (biji bunga matahari).
Untuk minum lovebird, setiap pagi hari saya selalu mengganti minumannya dengan air yang matang. Kalau tidak pakai air yang direbus saya menggunakan air mineral (Aqua dan sejenisnya).
Kebersihan kandang juga harus dijaga. Maksimal banget seminggu sekali kandang harus dibersihkan. Saya sendiri seringnya setiap lima hari sekali kandang dibersihkan. Kemudian tempatkan kandang ternak di tempat yang sepi seperti di belakang rumah atau menyediakan ruang khusus untuk ternak lovebird. Kalau tempatnya sering orang lewat pasangan lovebird tidak mau kawin. mungkin malu kali yah hahaha.
Oke demikianlah tips dari saya bagaimana cara mengatasi lovebird jantan yang tidak mau mengawini lovebird betina. Semoga bermanfaat bagi lovebird mania dimanapun Anda berada.

0 comments:

Posting Komentar