Jumat, 18 Agustus 2017

Perawatan Harian Agar Lovebrid Ngekek Panjang

Abdullah Yatmono

Saat ini perkembangan peternakan lovebird semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah peminat yang memelihara lovebird. dalam usaha breeder ini ada yang memilih untuk jenis lovebird dari suara ngekeknya dan ada yang memilih kualitas suaranya. Perlombaan lovebird pun kini kian sering dilakukan mulai dari tingkat lokal sampai tingkat nasional dengan hadiah sampai ratusan juta rupiah.
Kemarin ada yang sempat menghebohkan bawah ada lovebird dengan harga 500 juta dengan nama Betet. Betet ini milih Om Haji Ulum dari Malang kemudian ditukar dengan mobil Mercy Viano milik Om Budi Bogem. Lovebird Betet ini bisa ngekek dengan sekali tarik sampai 4 menit. Woooww ngekeknya bisa melebihi lovebird Kusumo. Walaupun warna lovebirdnya pastel hijau tapi kualitasnya dalam ngekek memang top banget.

Berikut ini rawatan harian lovebird agar bisa ngekek panjang :
1. Pada pagi hari jam 7 lovebird dimandikan dengan disemprot embun sampai basah kuyup.
2. Lovebird dijemur selama satu jam sampai bulunya kering.
3. Lovebird diangin-anginkan di teras rumah kemudian diberi jagung muda.
4. Di dekat kandang lovebird ditaruh mp3 masteran atau didengarkan suara masteran lovebird ngekek panjang dan suara burung lain seperti tengkek buto, cendet, dan lainnya.
5. Pada sore hari sekitar jam 4 lovebird diberi kerodong sampai pagi hari. Pada sore harinya dilakukan lagi pemasteran. Malam harinya juga bisa dilakukan pemasteran jam 9 malam.

Tips lainnya:
1. Pada waktu pemandian, bersihkan sangarkan lovebird agar tidak ada kotoran di dalamnya. Kemudian sisa bungkus milet yang dipecah lovebird juga dibersihkan dengan cara meniup-niup wadah pakannya.
2. Tujuan dari lovebird dimandikan setiap hari adalah agar lovebird tidak over birahi. jadi bisa untuk menstabilkan lovebird dan bisa jinak dengan kita. Pada waktu digantang pun lovebird kita tidak takut dengan orang lain (agresif).
3. Jika burungnya kurang birahi atau sedang drop, pemandian bisa dihentikan setidaknya dua hari sekali dan waktu penjemuran bisa ditambah selama 2 jam.
4. Jika lovebirdnya sedang birahi pemandian bisa dilakukan dua hari sekali pada pagi dan sore hari. Kalau pagi hari pemandian sampai basah kuyup.
5. Pakan tambahan (Extra Fooding) seperti kangkung dan jagung muda bisa diberikan secara bergantian harinya.
6. Air minum wajib diganti setiap hari pada waktu pagi agar burung tetap sehat dan bisa ditambahkan vitamin dari Ebod.
7. Seminggu sekali lovebird kita ditaruh di kandang umbar agar tidak stres.
8. Pada waktu pemasteran sebaiknya suara musiknya jangan keras-keras jadi cukup yang sedang saja.
Oke demikianlah tips cara membuat lovebird Anda bisa ngekek panjang. pada intinya usaha kita untuk membuat lovebird kita bisa ngekek panjang kita pilih lovebird yang fighter kemudian kita poles dengan cara di atas. Cara ini membutuhkan ketelatenan dan memang sedikit menyita waktu kita. Kalau kita sibuk kerja di luar bisa dititipkan pada keluarga kita, misalnya istri kita kalau mau hehehe. 

0 comments:

Posting Komentar