Selasa, 22 Agustus 2017

Penyebab Dan Cara Mengatasi Lovebird Mengembangkan Bulu

Abdullah Yatmono

Penyebab lovebird mengembangkan bulu dan cara mengatasi lovebird yang mengembangkan bulunya.
Bagi teman-teman yang masih pemula dalam memelihara lovebird pasti agak bingung kenapa lovebird saya sering mengembangkan bulunya. Nah kita harus kenal dulu dengan sifat lovebird yang termasuk dalam Parot atau paruh burung paruh bengkok ini. Pada dasarnya burung lovebird yang mengembangkan bulunya bisa dianggap wajar dan tidak wajar kalau sedang sakit. Nah kita yang pemula belum bisa membedakan kedua hal tersebut.
Penyebab lovebird mengembangkan bulu
Yang pertama kita lihat dahulu apa penyebab lovebird yang mengembangkan bulunya.
1. Indukan betina yang mengembangkan bulunya.
Kita lihat perilaku indukan betina lovebird yang kadang mengembangkan bulunya. Misalnya indukan lovebird Anda sedang bertelur atau mengerami atau sedang meloloh. Sekarang Anda mencoba mendekat atau melihat telurnya langsung ke dalam glodok. Maka indukan betina akan mengembangkan bulunya dan berusaha untuk mematuk Anda. Apalagi pada saat indukan sedang meloloh kemudian kita lihat anaknya di dalam glodok, maka bulu indukan betina akan mengembang. Jadi kalau perilaku indukan yang mengembangkan bulunya tidaklah bermasalah dan dikatakan wajar. Perilaku ini menandakan bahwa indukan betina merasa sedang dalam bahaya atau terancam dan berusaha untuk melindungi diri dan anaknya. Biasanya indukan akan mematuk tangan kita dan rasanya bisa sakit sekali. Terkadang tangan saya sampai berdarah.

2. Lovebird terkena angin
Nah pada saat di dalam kandang lovebird kita terkadang mengembang. Biasanya kalau terkena angin yang dingin burungnya akan mengembang. Usaha mengembangkan bulunya adalah agar udaranya tidak mengenai tubuhnya sehingga tidak kedinginan. Mungkin Anda pernah lihat di televisi ada burung yang terkena badai atau salju maka bulunya akan mengembang.
3. Lovebird terkena panas berlebih
Nah kalau kita terlalu lama ketika menjemur lovebird setelah dimandikan, maka lovebird akan mengembangkan bulu. Disamping mengembangkan bulunya, paruhnya juga membuka. Tujuan hal ini adalah agar panas dalam tubuhnya bisa cepat keluar.
4. Lovebird yang sakit demam
Memang ada burung yang demam seperti kita juga pernah demam. Jadi kalau burung itu sering “ngedodor” atau mengembang dalam bahasa Jawanya itu berarti sedang sakit. Jadi mengembangnya itu kalau tidak ada angin atau tidak ada panas tetapi sering mengembangkan bulunya dan burungnya itu sering dipinggir kandang dan terkadang sambil di dasar kandang. kalau sudah terlihat seperti itu berarti burungnya sedang sakit.
Cara mengatasi lovebird yang mengembangkan bulunya:
Kalau lovebird mengembangkan bulunya sesuai dengan ciri di atas dan masih wajar berarti lovebirdnya sehat. Akan tetapi kalau sering mengembangkan bulunya di pinggir tangkringan depat dengan sangar atau berada di dasar sangkar maka bisa dipastikan lovebirdnya sedang sakit. Cara penanganannya adalah memberi pakan yang seperti jagung muda setiap hari. Kemudian diberi obat yang bisa dibeli di toko burung. Misalnya obat dari Ebod, bisa juga diberikan Ebod Vit untuk mengembalikan kesehatan burung. Biasanya obat tersebut dicampurkan pada minumannya sesuai dengan takaran.

0 comments:

Posting Komentar