Kamis, 24 Agustus 2017

Mengenal Penyakit Patek Pada Lovebird Dan Cara Menyembuhkannya

Abdullah Yatmono

Apa itu patek
Penyakit patek ini biasa menyerang pada jenis unggas seperti ayam, bebek, dan entok. Namun saat ini penyakit patek bisa merambah ke burung yang ditangkarkan. Seperti teman saya saat ini ada Om Fidhi Anto dari Tegal ada burung lovebirdnya yang terkena patek.
Patek ini merupakan penyakit yang ditimbulkan dari jamur yang melekat pada bagian tubuh burung kemudian menggerogoti bagian tubuh tersebut.
cara menyembuhkan patek lovebird
patek pada bagian paruh lovebird
Penyebab patekan
Sebenarnya penyakit ini mudah penyebarannya. Katanya bisa melalui hembusan angin karena jamur mudah terbawa angin kemudian kontak langsung burung yang patekan dengan burung yang sehat bisa tertular. Kemudian lagi kandang dari burung patekan bisa menular karena jamur patek ini yang menempel pada kandang bisa menempel lagi ke burung yang sehat. Jadi kebersihakn kandang benar-benar harus dijaga.
lovebird terkena patek
patek pada mata lovebird
Tanda-tandap lovebird terkena patek
Untuk ciri-ciri burung yang terkena patekan ini pada bagian tubuhnya entah pada kaki, tubuh, ataupun paruhnya ada bintih-bintik merah. Bisa juga mengenai daerah mata yang mudah terlihat. Kemudian ada benjolan seperti bisul dan berwarna hitam pada bagian patek.
cara menyembuhkan patek pada lovebird
Jenis-jenis patek
Jenis-jenis patek ini ada dua macam yaitu patek kering dan patek basah. Kalau patek kering tidak terlalu bahaya dan bisa dengan mudah di atasi. Tapi kalau patek kering ini bisa berbahaya dan sulit di atasi. Tandanya kalau patek basa pada bagian tubuh lovebird yang terkena patek ini terlihat basah atau berair.

Akibat burung terkena patek
Kalau burung yang sudah terkena patek bisa-bisa bekasnya tidak bisa ilang. Misalnya pada bagian keki atau jari burung yang terkena patek kalau dibiarkan maka jarinya bisa putuh. Memang bisa dibilang penyakit ini seperti penyakit kencing manis atau diabetes pada manusia. Jejak patek yang sudah sembuh ini membekas dan sukar bisa tumbuh lagi daerah yang terkena patek.

Patek pada paruh lovebird
Nah kalau pateknya terkena pada paruh, maka paruh tersebut akan bolong walaupun sudah sembuh dari patek. Jadi patek ini menggerogoti tubuh yang ada seperti menjadi busuk kalau dibiarkan.

Apa penyakit patek itu ganas?
Ya patek ini kalau dibiarkan membuat burung meninggal kalau tidak segera diatasi. Jadi lama-kelamaan patek akan masuk ke bagian tubuh yang dalam dan menyebar ke bagian tubuh lain. Misalnya tadinya terkena di bagian mata bisa jadi menular kebagian tubuh seperti kaki, paruh, sayap, dan tubuhnya.

Cara mengatasi patek
Bagian tubuh yang terkena patek diolesi dengan alkohol atau antiseptik. Jadi alkohol dioleskan pada kapas kemudian dioleska pada patek. Ambil silet kemudian dipotong sedikit bagian pateknya dan olesi dengan obat jamur hewan yang bisa Anda beli di toko burung atau toko obat hewan.
Alternatif lain cukup dengan alkohol dan Albotil saja bisa sembuh. Setelah diolesi dengan alkohol dan sudah kering sekarang diolesi dengan Albotil. Burung akan terlihat kesakitan karena Albotil membuat perih. Kalau saya sedang sariawan saja pakai albotil rasanya perih banget apalagi kalau burung yang sedang sakit.
Jangan lupa bersihkan kandangnya juga. Setelah dicuci kemudian disemprot dengan air daun sirih pada kandangnya.
Tips menyembuhkan patek dari Om Fidhi Anto ketua Komunitas Lovebird Indonesia Korwil Tegal
1. Bersihkan luka dengan rivanol
2. Godok air anget dan ambil tisu oles ke luka sehingga luka ganpang di klotok
3. Kemudian kasih propolis beli di apotek
4. Diamkan 5-10menit biat obat oles meresap
5. Tahap terakhir kasih metilin blue
6. Angin anginkan.

Cara mencegah patek

Selain kebersihan burung yang sering dimandikan, kebersihan kandang juga diperhatikan. Kandang bisa bersihkan dengan dicuci kemudian disemprot dengan air daun sirih atau desinfektan yang aman bagi burung. Kotoran juga dibersihkan terus. Saya pribadi biasa membersihkan kotoran dalam kandang setiap 3 hari sekali. Alhamdulillah burungnya sampai saat ini selalu sehat. Air minum juga setiap hari saya ganti dengan air minum yang sudah dimasak atau bisa pakai air Aqua.

0 comments:

Posting Komentar