Kamis, 10 Agustus 2017

Jarak telur pertama dan kedua lovebird

Abdullah Yatmono

Jarak telur pertama dan kedua lovebird adalah 2 sampai 3 hari. Hal ini tergantung dari kesiapan telur yang diproduksi oleh indukan lovebird. Jumlah telur yang normal diproduksi oleh indukan betina lovebird sebelum dierami adalah 3 – 4 butir telur. Sedangkan jumlah telur yang maksimal mencapai 6 – 7 butir telur. Kalau lagi hoki 6 butir telur yang dierami bisa menetas semua.
Jarak telur pertama dan kedua lovebird
Ada hal yang mempengaruhi produksi telur lovebird selain dari faktor genetik seperti kualitas pakan. Dengan pakan yang baik akan menghasilkan telur yang berkualitas pula. Jumlah telur yang dihasilkan juga maksimal.

Dalam hal bertelur, indukan betina lovebird memiliki siklus yang hampir seperti ayam. Kadang ayam bertelur setiap dua hari sekali dan ada yang setiap hari. Tapi kalau lovebird sangat jarang indukan yang bertelur setiap hari. Tapi kalau yang bertelur setiap dua hari sekali itu sudah menjadi hal yang biasa. Ada juga yang jarak telur pertama dan kedua lovebird sampai 3 hari. Misalnya hari Selasa lovebird bertelur yang pertama kemudian yang kedua akan bertelur pada hari Kamis.
Karena jarak telur pertama, kedua, ketiga dan seterusnya itu beda-beda hari maka ketika menetaspun tidak pada hari yang sama. Jadi telur pertama yang sudah dierami selama 21 hari akan menetas terlebih dahulu. Kemudian telur yang kedua menetas 2 hari berikutnya, kemudian telur yang ketiga juga menetas pada hari lain. Anda nantinya tidak kaget karena telur lovebird menetas secara tidak bersamaan.

0 comments:

Posting Komentar