Jumat, 04 Agustus 2017

Ciri-ciri lovebird sudah jodoh

Abdullah Yatmono

Ciri-ciri lovebird yang sudah jodoh terlihat dari tingkah lakunya yang bisa kita amati. Untuk menjodohkan burung lovebird itu gampang-gampang susah. Agar lebih mudah, kedua lovebird jantan dan betinanya masing-masing sudah birahi. Kalau lovebird klep atau kacamata siap dijodohkan pada umur 8 bulanan. Sedangkan lovebird non klep atau tidak berkacamata pada umur 5 bulan sudah bisa dijodohkan.
Ciri-ciri lovebird sudah jodoh
Jadi langkah kita agar lovebird mudah berjodoh adalah dengan menaikkan kedua birahi lovebird. Kedua lovebird bisa diberi pakan kangkung yang sudah dipotong ataupun dibiarkan saja. kangkung diberikan setiap hari kurang lebih selama dua minggu. Kalau lovebird betina sudah terlihat NGAPAL atau NGELEPER berarti sudah birahi. Kalau lovebird jantan akan terlihat birahi seperti manggut-manggut.

Cara menjodohkan lovebird :
Kedua kandang kapsul lovebird saling didekatkan dan jangan sampai terlihat oleh lovebird lain. Jadi kedua burung tersebut bisa diletakkan di tempat yang tidak terlihat oleh lovebird lain. Kedua kandangnya ditempelkan. Biarkan sampai dua hari atau tiga hari. Apabila sudah terlihat saling mendekat bahkan kalau malam hari tidurnya sudah mendekat berarti sudah jodoh. Saatnya kedua lovebird tersebut dimasukkan ke dalam satu kandang atau diletakkan langsung di kandang ternak.
Ciri-ciri lovebird sudah jodoh
1. Kedua lovebird jantan dan betina tidurnya bersampingan (kalau diletakkan dalam satu kandang kapsul).
2. Keduanya terlihat saling meloloh. Lovebird jantan akan sering terlihat menyuapi lovebird betina. Kemudian lovebird yang jantan kadang terlihat manggut-manggut.
3. Kalau diletakkan dalam kandang ternak dan sudah ada glodok, maka kedua lovebird tersebut tidurnya dalam satu glodok.
Jika sudah terlihat kedua tanda atau ketiganya, maka lovebird kita akan kawin. Kalau sudah terlihat kawin, langsung saja ditaruh bahan sarang di dalam kandang. Lovebird jantan dan betina akan bersama-sama membangun sarang. Kurang lebih dua minggu kemudian setelah kawin akan bertelur. Semoga sukses ternak lovebird nya J

0 comments:

Posting Komentar