Kamis, 03 Agustus 2017

Ciri-ciri lovebird ingin bertelur

Abdullah Yatmono

Akan saya sampaikan bagaimana ciri-ciri lovebird ingin bertelur. Kalau kita sebagai pemilik sepasang lovebird sudah terlihat kawin, kurang lebih dalam waktu dua minggu lovebird betina akan bertelur. Rasanya sangat senang sekali jika lovebird yang saya miliki terlihat sedang kawin. Karena hal ini menandakan lovebird kita akan segera produksi lagi dan menghasilkan anakan.
Ciri-ciri lovebird ingin bertelur
Dari proses kawin yang dilakukan dalam waktu satu hari lovebird akan kawin lebih dari satu kali. Bisa dua sampai tiga kali dalam sehari burung lovebird akan kawin. Bagi pemula tentu belum tau ciri lovebird betina yang ingin bertelur. Yuk langsung simak saja informasinya J
Ciri-ciri lovebird ingin bertelur
1. Lovebird akan membangun sarangnya. Hal ini terlihat dari indukan betina maupun jantan akan mengambil bahan sarang seperti serutan kayu ataupun serutan bambu. Jadi kalau kita melihat lovebird kawin, besoknya langsung saja ditaruh bahan sarang yang bisa terbuat dari serutan kayu ataupun serutan bambu. Ada peternak lain yang menggunakan daun cemara yang sudah jatuh biasanya sudah kering. Kalau saya pribadi lebih suka memakai serutan kayu karena lebih mudah dicari. Hehe saya orangnya malas kalau mencari daun cemara yang gratis tinggal mengambil saja di hutan atau di taman kota.

Jadi intinya setelah terlihat proses kawin, maka dalam waktu kurang kurang dari atau dua minggu kemudian lovebird bertelur. Jadi siapkan saja bahan sarang di dalam kandang. Bahan sarang tadi akan dibawa masuk oleh indukan lovebird ke dalam glodok.
2. Perut indukan lovebird betina akan terlihat besar dari biasanya. Jadi pada bagian perut bagian belakang atau yang dekat dengan anus terlihat membesar atau gemuk.
3. Terkadang ada indukan yang mau bertelur sering berada di dalam glodok. ada juga yang sering bolak-balik keluar glodok.
Tips dari saya :
Pada masa bertelur, indukan lovebird membutuhkan banyak makan dan membutuhkan pakan yang berprotein tinggi agar telurnya bisa fertil atau bisa menetas. Sediakan pakan jagung muda setiap dua hari sekali, potongan kangkung muda, dan milet putih sebagai pakan standar. Di dalam kandang sediakan juga tulang sotong (asinan) atau batu bata merah. Keduanya mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh indukan betina lovebird agar telurnya cukup kalsium.

0 comments:

Posting Komentar