Kamis, 24 Agustus 2017

Cara melatih lovebird agar jinak dan bisa Free Flight (FF)

Abdullah Yatmono

Saat ini komunitas Free Flight (FF) tumbuh pesat. Komunitas free flight adalah suatu komunitas pecinta burung dimana burungnya sering dilepas untuk terbang dan kembali lagi kepada pemiliknya. Cara melatih lovebird agar jinak dan bisa untuk free flight membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi melatihnya semenjak kecil pada umur 2 minggu kita yang melolohnya.
Burung lovebird merupakan burung yang pintar seperti paruh bengkok lainnya seperti kakak tua, nuri, sun conure, dan falk (parkit Australia). Burung-burung tersebut selain untuk pajangan di rumah juga untuk bermain bagi orang dewasa maupun anak-anak. Ada teman saya yang di komunitas FF dari Tegal yang bisa melatih lovebird untuk FF dan bisa bermain seperti membawa mainan bahkan bisa naik sepeda. Kalau sudah jinak dan memiliki keterampilan apabila dijual harganya bisa tinggi lho. Kemarin sempat lihat berita ada seorang mahasiswa dari UNS yang omsetnya sudah 72 juta tiap tahunnya dengan memelihara burung paruh bengkok kemudian dijinakkan sehingga memiliki keterampilan tertentu.
Cara melatih lovebird agar jinak dan bisa Free Flight (FF)
Oke langsung saja ya berikut cara melatih burung lovebird agar jinak :
1. Meloloh anakan lovebird
Idealnya untuk meloloh anakan lovebird bisa dimulai pada umur 2 minggu. Pada umur tersebut lovebird sudah mulai tumbuh bulu jarum dan matanya sudah terbuka. Jadi pada umur ini kita yang melolohnya sampai besar (bisa makan sendiri). Kalau kita bisa merawatnya sampai besar maka lovebirdnya akan jinak dan tidak takut dengan orang yang baru dikenal.
2. Melatih lovebird umur 1 bulan

Pada umur satu bulan piyikan lovebird yang masih diloloh kita latih. Biasanya pada umur ini lovebird sudah bisa jalan atau berlari kecil. Pada saat mau makan, biarkan anakan lovebird ini mengejar makanannya yang ada di sepet. Misalnya jarak sepet dari anak lovebird 30 cm dan 50 cm. Kemudian bisa dilanjut sampai satu meter. Dengan begitu anakn lovebird akan terbiasa menghampiri kita untuk mengambil makanannya. Perlakuan ini bisa dilakukan sampai piyik lovebird umur 1,5 bulan. Oya pada saat ini bisa dilatih menggunakan peluit untuk memanggil lovebird.

3. Melatih terbang menghampiri kita
Setelah umur 1,5 bulan biasanya anakan lovebird belajar terbang. Kalau umurnya dua bulan terbangnya sudah lancar bahkan bisa kabur hehe. Pada saat jadwalnya makan, anakan lovebird yang umur 1,5 bulan ditaruh di kandangnya, kemudian tangan kita yang memegang sepet diberi jarak yang agak tinggi dari anak lovebird. tujuannya agar anakan bisa terbang ke tangan kita untuk makan. Cara ini berlaku sampai umur 2 bulan. Jadi biarkan anakan itu lapar sebentar kemudian biarkan lovebird terbang ke tangan kita.
4. Sering berinteraksi
Kalau sudah bisa terbang, tiap hari diusahakan kita sering berinteraksi. Sering-sering dipegang saja burungnya hehe. Di ajak main. Lovebird bisa dilepaskan dulu di rumah cobalah dipanggil dengan peluitnya. Kalau sudah lancar terbang ke tangan kita barulah kita coba main di halaman rumah.

0 comments:

Posting Komentar