Minggu, 06 Agustus 2017

Berapa jumlah telur lovebird normal dan jumlah maksimalnya?

Abdullah Yatmono

Kali ini saya akan menjawab pertanyaan yang masuk tentang jumlah telur lovebird normal dan jumlah maksimalnya.
Selama saya beternak lovebird, indukan betina yang pernah saya miliki pernah bertelur 2 butir saja. Kemudian langsung dierami. Mungkin waktu itu ketika indukan masih meloloh anakan yang baru berumur dua minggu indukan sudah kawin lagi. Setelah anakan di ambil setelah umur 21 hari, 3 hari kemudian sudah bertelur dan saya lihat setelah dua minggu ternyata hanya bertelur dua butir saja dan terlihat mengerami.
jumlah telur lovebird normal dan maksimal
indukan lovebird hijau standar bertelur 6 butir
Mungkin pengalaman saya tersebut karena indukan lovebird terlalu cepat kawin karena masih meloloh anakannya sehingga tidak maksimal bertelurnya.
Berdasarkan pengalaman lain dan pengalaman teman yang beternak lovebird jumlah telur lovebird normal adalah 3 sampai 4 butir telur. Sepasang lovebird yang baru dijodohkan kemudian bertelur biasanya dapat bertelur 3 butir dan 4 butir. Sedangkan jumlah maksimal telur lovebird mencapai 6 sampai 7 butir. Teman saya kemarin posting di grup bahwa indukan lovebird pastel hijau dan pastel kuning bertelur 6 butir dan setelah dierami bisa menetas semua. Kalau bisa menetas semua rasanya sungguh menyenangkan sekali. Bersyukur dapat rejeki yang banyak juga hehe.

Rahasia agar lovebird dapat bertelur secara maksimal
Setelah kita melihat lovebird kita kawin dengan pasangannya, esok harinya kita menyediakan pakan yang spesial untuknya. Pakan tersebut adalah jagung muda, potongan sayuran kangkung, milet putih dan kenari seed. Di dalam kandang juga disediakan tulang sotong atau yang biasa disebut dengan asinan serta batu bata merah.
Tujuan pakan tersebut agar kebutuhan vitamin dan kalsium terpenuhi. insyaAllah telur yang dihasilkan bisa maksimal jumlahnya. Yang tadinya hanya bertelur 3 butir bisa sampai 4 butir dan 5 butir telur.
Perlakuan pada indukan yang anakannya baru diambil juga diperhatikan. Biasanya indukan yang anaknya baru diambil, indukannya juga dimandikan dan dimasukkan ke dalam kandang kapsul atau kandang bulat. Istilahnya kita mengistirahatkan burung dari produksinya. Biasanya kalau indukan tetap di kandang ternak akan kawin lagi dan bertelur lagi dan seterusnya.

0 comments:

Posting Komentar