Kamis, 10 Agustus 2017

Bahan sarang glodok lovebird yang baik

Abdullah Yatmono

Bahan untuk sarang lovebird di dalam glodok yang bagus sebaiknya terbuat dari kayu dan bambu. Kedua bahan tersebut tidak mudah lembab kalau nantinya terkena kotoran anakan lovebird. bahant tersebut juga termasuk lembut. Kalau di internet bertebaran untuk bahan sarang bisa menggunakan kertas. Menurut saya kertas tidak bagus untuk bahan sarang glodok karena mudah kempes atau mudah rusak jika dijadikan sarang lovebird.
Bahan sarang glodok lovebird yang baik
sarang dari bahan serutan kayu memanjang
Perlu diketahui bahwa indukan lovebird ini tidak pernah buang kotorannya di dalam glodok karena suka dengan kebersihan. Sang induk akan buang kotorannya di tempat tertentu yang menjadi kebiasaannya. Misalnya dipojokan kandang. jadi kalau sudah buang kotoran di pojokan kandang maka akan seterusnya demikian.
Anda bisa mendapatkan bahan sarang lobebird dari membeli atau membuatnya sendiri. Atau bahkan kita langsung mengambilnya di hutan.
Bahan sarang glodok lovebird
Bahan sarang glodok lovebird dari serutan kayu pendek
Berikut bahan untuk sarang lovebird yang bagus :
1. Serutan kayu yang pendek
Model serutan kayu untuk sarang lovebird ada yang panjang atau yang pendek. Biasanya kalau yang pendek ini untuk menaruh anakan lovebird yang diambil dari glodok. Namun serutan kayu jenis ini bisa juga dipakai untuk bahan sarang lovebird. Jadi kalau indukan lovebird sudah terlihat kawin, langsung saja kita menaruh bahan sarangnya beberapa genggam. Kalau saya biasanya ambil tiga genggam serutan kayu ke dalam glodok. Untuk mebuat serutan kayu ini harus menggunakan alat pertukangan dan biasanya tukang kayu yang membautnya. Contohnya bisa dilihat pada foto di atas. Untuk harga serutan kayu yang pendek ini Rp6000 dapat satu kotak plastik.

2. Serutan kayu yang memanjang
Jenis serutan kayu ini bentuknya memanjang dan tipis. Jadi seperti irisan yang bisa kita buat dengan golok. Jenis kayu yang digunakan adalah kayu yang renyah seperti kayu albasia (besiar). Jenis kayu mahoni juga bisa. Serutan kayu yang panjang ini di taruh di luar glodok. Jadi kalau lovebird bisa membuat sarangnya sesuai keinginannya. Bentuk sarang lovebird itu melingkar dan terbungkus dan di dalamnya untuk bertelur dan memelihara anaknya. Kalau kita melihat indukan kawin, kita bisa menaruh bahan sarang dari serutan kayu ini di luar glodok. Nantinya indukan lovebird akan mengambil satu persatu serutan kayunya. Harga serutan kayu memanjang Rp3000 perbungkusnya.
3. Serutan bambu
Model serutan bambu ini agak melebar, panjang, dan lebih halus dibandingkan serutan kayu. Kita bisa membuatnya sendiri dengan pisau yang tajam. Ataupun kita bisa membeli di toko burung namun harganya lebih mahal dibandingkan harga bahan sarang dari serutan kayu. Untuk satu bungkus serutan bambu harganya Rp8000 – Rp10.000. tergantung banyaknya isi dari kemasannya.
4. Daun cemara atau daun pinus yang kering
Kalau yang gratis dan mudah untuk mendapatkan bahan sarang telur lovebird adalah daun cemara kering. Kita mengambil daun cemara yang sudah kering karena kalau yang masih basah masih mengandung getah. Bentuk daun cemara atau pinus yang sudah kering akan memudahkan lovebird dalam menyusun sarangnya di dalam glodok. Jadi peletakan daun pinus kering ini di luar glodok. Nantinya indukan lovebird yang mengambilnya ketika mau membuat sarang.

0 comments:

Posting Komentar