Senin, 31 Juli 2017

Umur Berapa Lovebird Siap Kawin

Abdullah Yatmono

Pada umur berapa lovebird siap kawin? Pada lovebird klep atau yang berkacamata pada umur 8 bulan sampai 12 bulan sudah siap kawin atau siap ditangkarkan. Sedangkan lovebird non klep atau tidak berkacamata pada umur 6 bulan sudah siap produksi. Lovebird yang memiliki harga tinggi adalah lovebird klep atau berkacamata karena mempunyai karakter yang khas dan memiliki mutasi warna yang bagus. Kalau lovebird non klep tidak memiliki ciri yang khas sehingga harganya relatif lebih murah.
Umur Berapa Lovebird Siap Kawin
bakal indukan lovebird euwing dan lovebird biru mangsi trah euwing
Pada umur 8 bulanan lovebird akan mulai birahi. Ciri-ciri lovebird jantan yang birahi adalah manggut-manggut sedangkan lovebird betina akan ngeleper (ngapal) dengan membentangkan sayapnya. Kalau sudah terlihat seperti itu lovebird akan mudah dijodohkan. Bagi peternak lovebird, pakan yang dapat meningkatkan birahi adalah kangkung segar, biji kwaci, dan tauge. Jika lovebird sudah jodoh, maka setiap hari lovebir diberikan potongan kangkung agar birahi dan akhirnya bisa kawin.

Lovebird akan bertelur kurang lebih 10 hari setelah kawin. Nah kalau sudah terlihat kawin di dalam kandang diletakkan glodok dan bahan sarang dari serutan kayu ataupun serutan bambu.
Ciri-ciri lovebird akan bertelur terlihat dari sepasang lovebird membawa bahan sarang ke dalam glodok. Jadi serutan kayu ataupun serutan bambi di bawa oleh lovebird ke dalam glodok. Setelah sarangnya jadi, lovebird akan bertelur. Supaya jumlah telurnya bisa maksimal, setiap hari beri pakan kangkung. Setelah lovebirdnya mengerami barulah tidak diberi kangkung lagi. Kemudian di dalam kandang diberi tulang sotong yang banyak mengandung kalsium sehingga sangat bagus bagi lovebird yang sedang bertelur. Alternatif lain bisa dari bata merah.

Bata merah juga mengandung kalsium dan sifat dari burung adalah memakan kerikil atau serpihan dari bata bisa memperlancar pencernaannya. Dalam masa bertelur juga sangat bagus diberikan jagung muda karena mengandung karbohidrat dan protein nabat yang tinggi. Tujuan hal ini adalah telur yang dihasilkan lovebird bisa subur atau fertil sehingga bisa menetas semuanya.

0 comments:

Posting Komentar