Kamis, 20 Juli 2017

Cara Merawat Anakan Lovebird Yang Baru Menetas Dengan Diloloh Sendiri

Abdullah Yatmono

Berikut ini saya akan memberikan tips cara merawat anakan lovebird yang baru menetas dengan diloloh sendiri menggunakan spet. Supaya indukan lovebird kita cepat berproduksi adalah mengambil anakan lovebird yang baru menetas beberapa hari. Kalau bagi pemula dalam beternak lovebird sebaiknya anakan diambil setelah umurnya 14 hari atau 21 hari. Tapi kalau yang sudah terbiasa dengan meloloh anakan bisa mengambil setelah anakan baru menetas umur 1 hari atau 2 hari.
Kebanyakan teman-teman saya yang meloloh anakan lovebird yang baru menetas adalah dari telur lovebird yang ditetaskan dengan mesin penetas. Jadi pada waktu indukan sudah mengerami telur selama 10 hari, telurnya diambil kemudian ditetaskan dengan mesin penetas. Dengan menggunakan mesin penetas, hitungan telur lovebird menetas juga rentangnya sama antara 21 hari sampai dengan 26 hari.
Cara Merawat Anakan Lovebird Yang Baru Menetas Dengan Diloloh Sendiri
Tahap merawat anakan lovebird yang baru saja menetas
Setelah telur lovebirdnya menetas, 3 jam kemudian anakan diloloh dengan menggunakan botol yang mulut botolnya agak runcing untuk memudahkan pakan mudah masuk ke dalam mulut anakan lovebird.
Tips pakan lolohan
Sebaiknya pakan lolohan untuk meloloh anakan lovebird ini harus benar-benar yang halus. Kalau saja tidak halus bisa mengganggu saluran pencernaan anakan yang berumur satu hari tersebut. Kalau dulu ada produk Bogena dan Nutri Bird A21 yang sangat cocok untuk meloloh anakan lovebird namun sekarang sudah tidak ada lagi. Anda bisa memakai produk BNR atau produk lokal lainnya yang sekirannya bagus dan berkualitas.
Dalam membuat adonan lolohan juga harus encer karena ini untuk memudahkan anakan lovebird bisa menelan pakan tersebut. Setelah anakan berumur 7 (tujuh) hari adonan jangan terlalu encer lagi, namun sedikit kental.
Pada umur 14 hari, mata lovebird biasanya sudah membuka. Adonan dibuat kental saja sampai umur 45 hari. Pada umur 14 hari ini, anakan lovebird sudah terbebas dari masa-masa kritis dalam hidupnya. Kebanyakan anakan akan mati diloloh di bawah umur 14 hari.
Setelah umur 45 hari anakan lovebird mulai belajar memecah milet. Untuk itu sediakan milet yang tersebar di alas kandangnya supaya anakan bisa latihan makan milet. Pada umur 50 hari sampai dengan 60 hari lovebird sudah bisa makan dan minum sediri. Bisa memecah milet maupun kenari sed.
Mulai umur 60 hari sediakan pakan jagung muda di dalam kandang agar lovebird cepat tumbuh dan gemuk. Berikan jagung muda setidaknya setiap hari sampai anakan umur 4 bulan.
Indukator anakan lovebird
Anakan lovebird yang baru menetas sebaiknya langsung di tempatkan di inkubator yang bersuhu 380 – 390 C. Kalau di rumah tidak memiliki inkubator, bisa memakai lampu pijar atau lampu bohlam ukuran 5 watt kemudian di bawahnya pada jarak 25 cm – 30 cm di tempatkan anakan lovebird. Anda bisa menggunakan kardus sebagai kandang atau inkubator sederhana.
Demikianlah tips cara merawat anakan lovebird yang baru menetas dengan diloloh sendiri menggunakan spet sampai anakan bisa makan sendiri. Semoga bisa bermanfaat dan baca terus tips dari blog petanisukses.com ini J

0 comments:

Posting Komentar