Kamis, 08 Juni 2017

Ciri-Ciri Lovebird Paruh Gajah Dan Penyebabnya

Abdullah Yatmono

Pada kesempatan ini saya akan mencoba mengulas ciri-ciri lovebird paruh gajah, penyebab lovebird mengalami paruh gajah, dan cara mengatasinya secara efektif

Sebenarnya kasus paruh gajah sangat jarang dialami oleh lovebird. Jenis penyakit yang sering dialami lovebird pada umumnya adalah snot dan bulu rontok atau cabut bulu. Lovebird yang terkena snot biasanya pada lovebird yang masih muda umur 1 bulan sampai dengan 3 bulanan rentan terkena snot. Untuk mencegah snot yang paling gampang adalah menjaga kebersihan kandang dari bebas debu dan sebagainya.
ciri-ciri lovebird paruh gajah
lovebird hijau standar mengalami paruh gajah

penyebab lovebird mengalami paruh gajah dan cara mengatasinya
lihat pada paruh lovebird batman yang mengalami paruh gajah
Kalau bulu lovebird yang rontok biasanya penyakit dalam yang belum pasti diketahui. Kata para master lovebird bulu rontok karena terkena infeksi bakteri tertentu pada pencernaannya. Kalau lovebird cabut bulu bisa karena mengalami birahi dan banyak kutu pada tubuhnya. Cara untuk mengatasi cabut bulu yang paling mudah adalah dengan menyemprotkan air sirih pada bulunya. Tapi jangan terlalu banyak.
Ciri-ciri lovebird paruh gajah
Lovebird yang memiliki paruh gajah, paruhnya panjang seperti belalai gajah. Oleh karena itu disebut sebagai paruh gajah karena menyerupai belalai. Bentuknya panjang gan melengkung ke dalam. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada foto di atas.
Cara mengatasi lovebird paruh gajah
Sebaiknya lovebird yang mengalami paruh gajah pada paruhnya dipotong menggunakan guntung atau alat lainnya yang lebih tajam. Selama dipotong paruhnya, lovebird tidak mengalami rasa sakit karena memang pada paruh tidak terdapat banyak syaraf yang terhubung ke tubuh. Untuk memotongnya disesuaikan dengan paruh pada umumnya. Artinya jangan terlalu pendek ketika memotongnya. Setelah dipotong biasanya akan sembuh. Dan tidak tumbuh lagi.
Penyebab paruh gajah

Seperti apa yang dikatakan oleh Om Puji Napodo, lovebird paruh gajah disebabkan oleh lovebird yang mengalami kekurangan kalsium. Jadi setelah paruhnya dipotong atau dipangkas diberikan asinan dari sotong atau disediakan batu bata di dalam kandangnya. Selain itu diberikan papan kayu yang bisa dijadikan sebagai gigitan mainan untuk mencegah paruh gajah datang lagi.

0 comments:

Posting Komentar