Jumat, 16 Juni 2017

Cara Mengambil Anakan Lovebird Dari Glodok Untuk Diloloh

Abdullah Yatmono

Sudah lama tidak berbagi tentang ilmu beternak lovebird karena kesibukan bekerja sebagai tentor di sebuah lembaga bimbingan belajar di Kota Tegal. Oke kali ini saya berkesempatan akan berbagi bagaimana cara mengambil anakan lovebird dari glodok untuk diloloh atau yang biasa disebut dengan hand feeding. Kalau dalam bahasa jawanya diopeni dewek hehe.
Cara Mengambil Anakan Lovebird Dari Glodok Untuk Diloloh
 Sebelumnya saya sudah sering menyampaikan di blog petanisukses.com ini kalau mau Anda masih pemula mengambil anakannya minimal umur 2 minggu. Anakan lovebird yang umurnya sudah dua minggu matanya sudah terbuka atau sudah bisa melihat tapi masih kabur. Nah pada umur 3 minggu piyik lovebird sudah bisa melihat dengan jelas, baik melihat induknya ataupun kita. Bulu-bulunya juga sudah mulai tumbuh sedikit.
perawatan indukan setelah meloloh anakan lovebird
Kalau kita lagi punya rejeki yang banyak lovebird yang mengerami telurnya sampai 5 butir bisa menetas semua. Tapi uniknya anakan lovebird menetasnya berlainan hari. Terkadang ada yang menetas setelah 21 hari dari masa pengeraman, kemudian 23 hari atau bahkan setelah 26 hari. Oleh karena itu anakan lovebird akan terlihat ada yang besar dan ada yang kecil.
Jika ada 4 ekor anakan yang menetas bisa jadi yang satu sudah terlihat ada bulunya sedangkan yang lain belum keluar bulunya dan matanya ada yang belum terbuka. Saran saya jika Anda pemula, ambil anakan lovebird yang paling besar. Misalnya jika anakan yang menetas ada empat ekor, maka kita bisa mengambil dua ekor anakan yang paling besar. Jadi kalau seperti ini minimal mengambilnya umur 3 minggu dihitung dari anakan yang pertama menetas.
Kalau indukan dibiarkan meloloh 4 ekor anakan maka kasihan kepada induknya. Malahan bisa jadi anaknya ada yang mati karena tidak terawat oleh indukan. Untuk mengatasi hal tersebut kita mengambil anaknya yang sudah besar dan membiarkan 2 ekor anakan sampai sudah keluar bulu-bulu kecilnya baru kita ambil.

Ketika kita mau membuka glodok biasanya indukan yang sensitif akan bertingkah galak. Baru mau buka sarang tangan kita bisa dipatuk. Jadi harus hati-hati. Paling enak kalau ngambilnya pada malam hari. Setelah anakan diambil sebaiknya ditaruh di inkubator agar anakan tetap merasa hangat. Kemudian suhu juga tetap stabil sehingga anakan akan mudah bertahan hidup. Pakan lolohan pun jangan terlalu encer dan jangan pula terlalu padat. Jadi bisa dikira-kira. Kalau pakan yang encer untuk anakan yang umurnya di bawah satu minggu. Kalau anakan di atas satu minggu sudah sedikit kental.

Perawatan indukan setelah meloloh
Setelah anakan diambil dari glodok, jangan lupa indukannya juga harus dirawat dengan baik. Indukan juga diambil dan diletakkan pada kandang bulat yang tidak ada glodoknya. Indukan setiap hari dimandikan selama satu minggu setiap pagi hari. Untuk memulihkan stamina yang telah terkuras dan pasti kondisi indukan sedikit kurus. Jadi selama satu minggu berada di kandang bulat tetap diberi pakan jagung muda. Setelah indukan dimandikan bisa dijemur agak lama dari biasanya. Setelah satu minggu indukan sudah siap dimasukkan ke dalam kandang ternak lagi untuk produksi.

0 comments:

Posting Komentar