Senin, 05 Juni 2017

3 Cara Menjodohkan Lovebird Dewasa

Abdullah Yatmono

Cara menjodohkan lovebird dewasa itu gampang-gampang susah. Kalau yang paling gampang secara koloni. Jadi dalam satu kandang koloni ada beberapa lovebird yang diprediksikan jenis kelamin jantan dan betina. Misalnya saya memiliki 10 ekor burung lovebird yang umurnya minimal 8 bulanan ke atas. Yang 5 ekor prediksi jantan dan 5 ekor lagi betina. Kemudian ditaruh di dalam kandang koloni. Maka lovebird tersebut akan mencari pasangannya masing-masing.
Cara menjodohkan lovebird dewasa
sepasang lovebird batman
Jika kita di rumah memiliki sepasang lovebird yang diprediksikan jantan dan betina yang umurnya sudah mapan atau dewasa bisa kita jodohkan namun membutuhkan waktu. Dari teman saya yang sudah lama beternak lovebird ada berbagai macam cara.
Perhatian :
Sebelum dijodohkan hendaknya kita teliti dulu, apakah kedua lovebird sudah birahi ataukah belum. Jika belum birahi sebaiknya salama satu minggu diberi pakan sayuran kangkung setiap hari. Kalau tidak ada kangkung bisa dengan tauge. Tergantung burungnya lebih suka yang mana. Tapi menurut saya kebanyakan lovebird lebih suka dengan kangkung. Kangkung bisa dipotong-potong.
Cara menjodohkan lovebird dewasa :
1. Dengan mendekatkan kedua kandang dari masing-masing lovebird.
Misalnya setelah diberik pakan kangkung setiap hari, kedua lovebird dijodohkan dengan cara menempelkan kandangnya. Jadi kandang lovebird betina dan lovebird jantan dibiarkan menempel. Biarkan selama tiga hari atau empat hari. Ada yang prosesnya lebih cepat. Jika hari kedua kedua lovebir tidurnya saling menempel di pinggir kandang, maka bisa dipastikan keduanya jodoh. Atau kalau sudah mulai terlihat saling mendekat di pinggir kandang maka sudah bisa dikatakan jodoh. Setelah keduanya terlihat jodoh, barulah dimasukkan ke dalam kandang ternak yang kotak. Di dalam kandangnya dimasukkan glodok.
Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh para breeder. Kalaupun sudah 4 hari tidak ada perubahan lovebirdnya jodoh atau tidak biasanya akan terlihat saling menjauh dan kedua lovebirdnya pun tetap sehat karena tidak dikejar-kejar oleh lovebird lain.

2. Dengan memasukkan langsung sepasang lovebird yang belum jodoh di dalam kandang ternak.
Kalau cara yang kedua ini jarang digunakan oleh kebanyakan peternak. Jadi misalnya saya memiliki sepasang lovebird yang prediksi sepasang kemudian kita jodohkan langsung dengan cara memasukkan keduanya ke dalam kandang ternak. Pada awalnya kedua lovebird tersebutkana menjauh. Bisa jadi karena beradaptasi dengan kandang baru ataupun salah satunya takut dengan lovebird yang dijodohkan. Nah kalau sudah tiga hari terlihat kedua lovebird tersebut sudah saling mendekat apalagi kalau yang jantan sudah meloloh bisa dipastikan jodoh. Kemudian kalau tidurnya sudah saling menempel pada malam hari atau terlihat berdekatan maka bisa dikatakan jodoh juga.

3. Menjodohkan lovebird dengan cara koloni
Cara ini terbilang cara yang paling mudah. Tapi dalam satu kandang koloni sebaiknya lebih dari dua pasang. Lebih banyak lebih baik karena lovebird akan memilih pasangannya masing-masing. jadi nantinya tidak ada salah satu lovebird yang terlewat atau tidak mendapatkan pasangan.
Demikianlah informasi 3 cara menjodohkan lovebird dewasa. Semoga menginspirasi dan selamat mempraktekannya di rumah.

0 comments:

Posting Komentar