Kamis, 25 Mei 2017

Perbedaan Lovebird Vio SF Dan Vio DF

Abdullah Yatmono

Kali ini saya akan membahas perbedaan lovebird violet SF dan violet DF. Kalau bagi pemula saya yakin masih bingun untuk menentukan jenis keduanya. Apalagi kalau lovebird tersebut tidak disandingkan dengan warna lainnya, pasti kebingungan. Memang dalam dunia burung lovebird memiliki beraneka ragam warna dan namanya pun berbeda-beda. Misalnya lovebird yang warnanya kuning ada yang namanya lovebird pastel kuning dan lovebird lutino. Padahal keduanya hampir sama warnanya.
Perbedaan Lovebird Vio SF Dan Vio DF
sepasang indukan vio SF (kiri) dan vio DF (kanan) harga 3,8 juta
Saat ini penggemar lovebird semakin banyak. Selain dinikmati dari segi warna ternyata lovebird juga menghasilkan suara yang bisa ngekek panjang dan cukup bervariasi. Harganya pun ada yang sangat fantastis seperti lovebird biola, euwing, parblue dan lainnya yang harganya sudah di atas 5 jutaan semua. Apakah Anda tertarik untuk beternak lovebird dari segi warna? Tentunya butuh modal yang banyak. 
perbedaan lovebird violet SF dan violet DF
lovebird vio SF ficheri

1. Lovebird violet SF
Lovebird violet SF kepanjangan dari Single Factor. Sebebarnya lovebird ini mirip dengan lovebird biru mangsi, tapi warna ungu atau violetnya lebih tajam dibandingkan dengan lovebird mangsi. Jenis lovebird violet SF ada dua macam yaitu violet SF perso dengan ciri khas pada warna kepalanya melingkar hitam dan violet DF ficheri yang cirinya pada bagian kepala atau mukanya cemong atau tidak gelap sepenuhnya.
Harga lovebird violet SF lebih mahal dari lovebird biru mangsi dan lebih murah dari lovebird violet DF. Satu ekor lovebird vio SF harganya 1,2 juta sampai 1,5 juta. Waaah cukup mahal yah? Jelas om, tapi kalau ditangkarkan dan produksi akan cepat kembali modal kok hehehe.
perbedaan lovebird violet DF dan violet SF
lovebird vio DF personata
2. Lovebird violet DF
Kepanjangan dari lovebird violet DF adalah double factor. Saya tidak sepenuhnya tahu artinya. Tapi kalau dilihat dari segi warna ternyata lovebird vio DF memiliki warna ungu atau violet yang lebih tajam. Kalau pada malam hari kita memotretnya dengan HP kemudian dinyalakan blitch atau lampunya maka akan berwarna ungu/violet menyala. Sungguh menarik sekali untuk dilihat.
Untuk harganya lebih mahal sedikit dibandingkan lovebird violet SF. Untuk yang masih usia muda atau PAUD harganya 1,5 juta. Sedangkan vio DF yang sudah dewasa atau siap dijodohkan harganya 1,8 juta sampai 2 juta. Oya jenis vio DF juga ada dua jenis, vio DF ficheri atau muka cemong dan vio DF personata yang bagian kepala dan mukanya hitam penuh. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar.
Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan lovebird violet DF dan violet SF. Semoga bisa memberi wawasan bagi lovebird mania. Selamat malam..

0 comments:

Posting Komentar