Rabu, 24 Mei 2017

Perawatan Indukan Lovebird Setelah Meloloh Anaknya Agar Produksi Lancar

Abdullah Yatmono

Perawatan indukan lovebird setelah meloloh anaknya – Banyak breeder lovebird yang mengabaikan kesehatan indukan lovebird. Setelah anakan diambil dari induknya, biasanya peternak tidak melakukan penjemuran kepada indukan lovebird. Setelah diambil anaknya, para peternak masih tetap menginginkan indukan lovebird tersebut bisa produksi lagi dengan bertelur kemudian mengerami telurnya dan menetaskan. Setelah anakan lovebird umur dua minggu baru diambil. Begitu seterusnya.
Perawatan Indukan Lovebird Setelah Meloloh Anaknya Agar Produksi Lancar
penjemuran indukan lovebird
Waktu dulu saya berpikiran demikian. Hal yang selalu saya pikirkan adalah bagaimana agar lovebird bisa produksi terus agar untuk kita semakin banyak. Ternyata pikiran tersebut salah besar. Kita juga harus memikirkan kesehatan indukan lovebird. Pada masa indukans sedang meloloh anaknya, indukan betina maupun jantan akan berusaha keras memeliharanya pyikina lovebird. Pada saat ini, pakan yang dibutuhkan juga semakin banyak. 
Ketika meloloh juga indukan akan terlihat kurus baik yang jantan maupun yang betina. Karena keduanya yang meloloh anaknya. Kalau anaknya diambil maka jeda waktu satu minggu biasanya indukan akan kawin lagi kemudian bertelur dan seterusnya hingga meloloh anaknya. Jika hal ini terus dilakukan bisa jadi penyakit yang sering dialami oleh indukan adalah nyilet atau kurus. Jika tidak diberikan pakan yang berkualitas seperti hanya milet putih saja maka indukan bisa mati. untuk memulihkan indukan yang nyilet atau kurus setelah memelihara anaknya adalah diberi pakan jagung muda.
perawatan lovebird setelah meloloh anaknya
Perawatan indukan lovebird setelah meloloh anaknya
Kebanyakan peternak lovebird mengambil anakan lovebird pada usia 2 minggu sampai dengan 3 minggu. Pada usia tersebut anakan lovebird sudah mampu bertahan hidup jika kita loloh sendiri (hand feeding). Setelah kita mengambil anakan, sepasang indukannya juga kita ambil dan ditaruh di kandang bulat. Kemudian pada waktu pagi dimandikan dan dijemur. Pemandian dilakukan sampai basah kuyup. Kemudian esok harinya juga dimandikan tapi tidak perlu sampai basah kuyup dan dijemur lagi. Kurang lebih penjemuran dilakukan sampai satu minggu dan indukan dimasukkan ke dalam kandang kotak untuk berproduksi lagi.


Selama diletakkan di kandang bulat, indukan diberi jagung muda setiap harinya agar pemulihan badan yang kurus karena meloloh bisa terisi kembali. Pada akhirnya indukan akan kembali fit dan tubuhnya ideal dan siap kawin serta bertelur lagi. Kalau tidak dilakukan terapi demikian biasanya telur yang dihasilkan maksimal 2 butir saja. Hal ini saya pernah mengalaminya juga. Pada waktu itu indukan yang telah saya ambil anaknya kemudian dibiarkan lagi dan akhirnya bertelur dalam waktu yang singkat. Untuk menghindari hal tersebut, indukan lovebird harus diistirahkan dengan diberikan terapi pemandian, penjemuran, dan diberikan jagung muda agar tidak kurus lagi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat J

0 comments:

Posting Komentar