Senin, 22 Mei 2017

Penyebab Lovebird Tidak Mau Masuk Glodok

Abdullah Yatmono

Ada berbagai macam penyebab lovebird tidak mau masuk glodok. Salah satu diantaranya adalah lovebird baru beradaptasi dengan kandang dan glodok yang baru. Pengalaman saya pribadi ketika membeli sepasang indukan lovebird warna biru cobalt dengan warna hijau palamas ketika membelinya tanpa glodok. Setelah saya masukan ke dalam kandang ternak dan glodok yang baru ternyata tidak mau masuk. Setelah saya tunggu dua hari dan tiga hari lovebirdnya tidak mau masuk ke dalam glodok juga.
penyebab lovebird tidak mau masuk glodok
sepasang indukan lovebird lutino mata merah
Kemudian saya tanyakan hal tersebut pada pemiliknya. “kenapa lovebird yang saya beli tadi tidak mau masuk ke dalam glodok?” jawaban dari teman saya adalah “lovebirdnya butuh penyesuaian dengan kandang dan glodok yang baru mas”. Yah berawal dari hal ini ilmu saya tentang ternak lovebird menjadi bertambah. Ternyata betul, lovebird dengan kandang yang baru dan glodok yang baru butuh adaptasi atau penyesuaian. Ada yang adaptasinya dalam sehari sudah mau masuk glodok, ada yang butuh sudah tiga hari masuk glodok, dan bahkan ada yang satu minggu baru masuk glodok.
Apalagi kalau sepasang lovebird yang kita beli asalnya dari kandang koloni. Maka akan lebih lama penyesuaiannya (adaptasi) dengan kandang ternak kotak yang ukurannya kecil. Pada lovebird yang terbiasa di tempat koloni memiliki ruangan yang besar sehingga bisa bermain-main terbang kemana-mana. Sedangkan pada kandang ternak kotak ukurannya yang terbatas dan kecil sehingga lovebird hanya bisa lompat-lompat ke tangkringan saja.

Pada glodok yang baru tersebut jangan dipasangi sangkar. Jadi biarkan lovebirdnya yang membuat sangakar sendiri. Kalau dipasangi sangkar oleh kita, bisa jadi lovebirdnya tidak mau masuk ke dalam glodok. Mungkin saja dikira bahwa glodoknya sudah ditempati oleh lovebird lain. Jadi lovebird itu kalau ada glodok yang sudah ditempati oleh lovebird lainnya maka tidak mau masuk atau mengganggunya.
Jadi kesimpulan dari penyebab lovebird tidak mau masuk glodok adalah lovebird belum menyesuaikan diri dengan kandang dan glodok yang masih baru. Kurang lebih butuh waktu satu minggu untuk penyesuaian. Hal ini juga tergantung pada lovebirdnya itu sendiri. Saya memiliki lovebird yang mudah beradaptasi. Ketika membeli sepasang indukan pada pagi hari, sore harinya sudah mau masuk ke dalam glodok yang baru. Saran saya kalau membeli sepasang indukan sebaiknya bersama dengan glodoknya. Hal ini bertujuan agar nantinya lovebird tidak perlu penyesuaian dengan glodok dan bisa langsung masuk ke dalam glodok. Sekian terima kasih dan tunggu informasi menarik lainnya di blog petanisukses.com

0 comments:

Posting Komentar