Selasa, 09 Mei 2017

Cara Mengetahui Umur Lovebird Yang Masih Muda Dan Sudah Tua

Abdullah Yatmono

Untuk membedakan lovebird yang masih muda dan yang sudah tua bagi kicau mania yang masih pemula pasti susah. Berikut ini saya akan memberikan informasi cara mudah mengetahui umur lovebird yang masih muda dan sudah tua. Ada beberapa bagian tubuh lovebird yang mudah kita bedakan. Bagian tubuh yang masih dibedakan apakah lovebird itu tua atau muda dilihat dari paruh, warna kaki, warna kuku kaki, dan warna bulunya.
Cara Mengetahui Umur Lovebird Yang Masih Muda Dan Sudah Tua
1. Melihat warna paruh
Pada lovebird yang paruhnya berwarna merah lebih mudah kita bedakan apakah lovebird tersebut masih muda atau sudah usia dewasa. Pada lovebird yang masih muda sekitar umu 2 bulan sampai 3 bulan masih terlihat semburat hitam pada paruhnya. Lebih jelasnya Anda bisa melihatnya pada gambar di atas. Kalau lovebird yang sudah tua warnanya sudah merah bersih dan lebih kuat. Demikian juga kalau lovebird yang paruhnya berwarna putih, yang masih muda pada bagian pangkal paruh terdapat putih pucat karena masih tumbuh, sedangkan yang sudah tua warna putihnya sudah bersih dan lebih jelas.’
2. Melihat warna kaki
Pada umumnya warna kaki lovebird itu biru kehitaman atau bisa dikatakan hitam. Kecuali warna kaki lovebird albino dan lutino yang warna kakinya berwarna putih. Warna kaki lovebird yang masih muda sekitar umur 2 bulan sampai 4 bulan berwarna kebiruan tapi tidak terlalu kuat. Sedangkan lovebird yang sudah dewasa umurnya sudah di atas 6 bulan warna kakinya sudah kehitaman. Hal ini berlalu pada lovebird yang paruh putih atau paruh merah terkecuali pada lutino dan albino.

3. Warna kuku kaki
Untuk lovebird yang masih muda, warna kuku kakinya masih terlihat keruh. Misalnya kalau yang kakinya berwarna hitam. Tapi kuku kakinya tidak berwarna hitam semua tapi masih ada warna keruhnya seperti warna keputihan. Sedangkan pada lovebird yang sudah tua, warna kuku kakinya berwarna hitam kuat.
4. Melihat warna bulu
Pada lovebird yang umurnya masih 2 bulan sampai 3 bulan warna bulunya tidak terlalu kuat. Demikian juga pada warna paruhnya. Pada lovebird yang umurnya di atas 6 bulan warnanya sudah ngejreng atau telihat kuat. 

0 comments:

Posting Komentar