Rabu, 31 Mei 2017

Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Lovebird Akibat Over Birahi

Abdullah Yatmono

Penyebab lovebird yang mengalami cabut bulu karena beberapa permasalahan seperti over birahi, banyak kutu, dan faktor penyakit lainnya. Tapi rata-rata lovebird jantan yang over birahi. Jika umurnya sudah 7 bulan lovebird sudah mulai birahi. Untuk menurunkannya harus sering dimandikan dan dicarikan pasangannya.
Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Lovebird Akibat Over Birahi

Akan tetapi jika lovebird jantan sudah over birahi banget dan tidak dijodohkan maka akan gesek tangkringan yang biasa dikenal dengan gestang (mengawini tangkringannya). Selain gestang lovebird akan mulai cabut bulu pada sekitar bulu dadanya. Nah tadi untuk mengatasi selain dicarikan jodoh harus sering dimandikan. Misalnya setiap hari pada pagi hari dimandikan basah kuyup dan diangin-anginkan. Atau tidak setiap sore hari cukup mandikan tapi jangan basah kuyup.
bulu rontok yang sudah parah
Cara mengatasi bulu rontok pada lovebird

Pada umumnya bulu yang rontok pada lovebird tumbuhnya akan lama. Terkadang ada peternak lain yang tidak sabar akhirnya menjual lovebird yang brodol atau bulunya rontok dijual dengan harga yang murah. Sebenarnya tidak perlu khawatir akan hal tersebut karena bulunya akan tumbuh kembali dalam waktu 2 bulanan.
Untuk terapinya, lovebird jangan sering dimandikan (seminggu sekali saja sudah cukup). kalau sudah dijodohkan, lovebirdnya tidak akan cabut bulu lagi dan bulu yang rontok akan tumbuh kembali.
Obat penumbuh bulu lovebird
Sampai saat ini saya belum pernah mendengar obat penumbuh bulu lovebird. Saran saya setiap dua hari sekali dicoba mengoleskan minyak zaitun pada lovebird yang bulunya rontok. insyaAllah akan mempercepat tumbu bulu secara alami pada lovebird. Kalau tidak ada minyak zaitun dicoba dengan minyak kelapa yang alami. Semoga informasi ini bermanfaat J

0 comments:

Posting Komentar