Minggu, 02 April 2017

Kelebihan Menggunakan Glodok Kaca Lovebird Dibanding Glodok Biasa

Abdullah Yatmono

Kelebihan glodok kaca menurut saya pribadi adalah dapat mecegah indukan dari stres ketika kita mau melihat telur atau perkembangan anaknya. Harga glodok kaca lovebird yang terbuat dari kayu jati Rp35.000 sedangkan harga glodok biasa dari kayu jati Rp25.000.
Bagi yang masih pemula biasanya sangat penasaran dan ingin melihat apakah lovebirdnya sudah bertelur, apakah sedang mengarami apakah sudah menetas dan sebagainya. Akhirnya glodok lovebird sering dibuka. Hal ini dapat berdampak negatif bagi psikologis burung. Jika burungya mudah sensitif, bisa saja indukan lovebird mudah stres. Akibatnya telurnya bisa dipecah atau tidak dierami.
harga glodok kaca
glodok kaca dari depan

harga glodok kaca
sekat kayu dan kaca yang bisa dibuka untuk melihat bagian dalam glodok

Saya punya pengalaman yang buruk waktu masih menjadi pemula. Pada waktu itu saya membeli indukan yang sudah pernah produk. Pada saat bertelur, glodok sering dibuka karena penasaran ingin melihat telur lovebird seperti apa. Kemudian pada saat mengerami juga saya lihat. Setelah menetas pun demikian, hampir setiap hari saya melihat glodok. Pada akhirnya setelah usia anakan 2 minggu saya buka glodok lagi anaknya sudah mati dan terlihat gepeng karena di injak-injak oleh induknya.
Setelah saya berkonsultasi dengan teman yang sudah lama beternak, pesannya “jangan sering membuka glodok”. Lovebird indukan saya stres dan merasa anaknya tidak aman sehingga dibunuh. Pada produk selanjutnya aman-aman saja karena saya jarang membuka glodok.
ukuran glodok kaca
cara pemasangan glodok kaca lovebird

Kelebihan glodok kaca lovebird
Kalau menggunakan glodok biasa, untuk melihat jumlah telur atau melihat perkembangan piyik lovebird kita harus membuka kandangnya terlebih dahulu. Berbeda dengan menggunakan glodok kaca yang dipasang pada salah satu pintu kandang baterai lovebird. jika kita ingin melihat isi dalam glodok, kita tidak perlu membuka kandangnya, tapi cukup membuka menarik kayu yang dibatasi dengan kaca pada glodok. Burung pun tidak bisa terbang karena ada pembatas kaca. Indukan juga tidak merasa terganggu.
Kalau di pasar burung kota Tegal, harga glodok kaca 35.000 terbuat dari kayu jati sehingga sanggat awet dipakai bertahun-tahun hehe. Kalau Anda mau dibelikan bisa hubungi saya pada menu kontak di atas. Semoga bermanfaat J

0 comments:

Posting Komentar