Sabtu, 15 April 2017

Jenis Lovebird Paling Mahal Berdasarkan Warna

Abdullah Yatmono

Jenis lovebird yang paling mahal berdasarkan warna adalah lovebird biola, biola euwing, biola blue, parblue, blue df, blorok, albino, dan batman. Saat ini banyak peternak yang lebih memilih ternak lovebird kualitas warna dibandingkan ternak lovebird ngekek panjang. Pasalnya kalau ternak lovebird ngekek panjang harus rajin merawatnya supaya ngekeknya panjang. Berikut ini akan saya bahas satu persatu tentang harga lovebird yang paling mahal di pasaran.
1. Lovebird biola
harga lovebird biola terbaru
sepasang lovebird biola
Lovebird bila saat ini masih menjadi primadona. Awalnya lovebird ini berhasil ditemukan di Belanda dan Amerika seperti lovebird parblue. kemudian lovebird biola di import ke Indonesia sehingga penangkar lovebird di Indonesia memiliki keturunan lovebird biola sampai sekarang ini. Harga lovebird biola di pasaran yang masih muda antara 8 sampai 9 juta. Sedangkan sepasang indukan biola hijau harganya 22 juta. Wowww sangat fantastis kan? Bisa dibayangin saja kalau kita memiliki satu pasang lovebird biola. insyaAllah anakan yang keluar 90% biola terus. Jika satu kali produksi keluar piyik  biola 2 ekor saja ketika sudah besar bisa balik modal. Kemudian produksi biola selanjutnya sudah untung semua puluhan juta rupiah. Saran saya jika Anda memiliki uang yang banyak bisa membeli sepasang lovebird biola import atau dari produk biola yang sudah dikembangkan di tanah air. Resiko juga besar, kalau lagi belum beruntung mungkin saja salah satu induknya ada yang mati atau kabur. Namun sebelumnya Anda harus menguasai cara beternak lovebird agar bisa sukses ternaknya.
Untuk lovebird biola ini ada berbagai macam, diantaranya adalah biola green dan biola split atau setengah biola. Harga biola split lebih rendah dibanding biola green. Harganya sekitar 5 juta sampai 7 juta.
2. Lovebird biola euwing
harga lovebird biola euwing
lovebird biola euwing
Lovebird biola euwing ini baru ditemukan akhir-akhir tahun ini. Saya cari di internet tentang lovebird biola ewing dari luar negeri juga tidak ketemu. Di tempat saya di kota Tegal, Jawa Tengah sudah banyak yang mencetak lovebird biola ewing. Lovebird ini dihasilkan dari silangan lovebird biola dengan lovebird euwing. Di pasaran lovebird biola ewing ini di bandrol 13 juta sampai 17 juta. Warnanya sungguh eksotis sekali. Lihat saja pada foto di atas, sungguh mempesona. Warna kepalanya yang khas merah tajam dan warna bulunya ewing dipadu dengan gradasi warna asli biola. Nah bagi Anda yang punya dana besar bisa melirik membeli lovebird bila euwing untuk ditangkarkan dan menjadi mesin ATM Anda di rumah.
3. Lovebird biola blue
lovebird biola blue series
Lovebird biola blue ini pertama kali dicetak oleh orang Indonesia yang bernama Om Yudi dari Lintang BF Yogyakarta. Warnanya sungguh eksotis banget. Untuk harganya pastinya saya sendiri belum tahu. Tapi yang jelas di atas harga lovebird biola pada umumnya. Kemudian penangkar K Dross dari Bogor juga sekarang sudah berhasil mencetak biola blue.
4. Lovebird parblue

lovebird parblue green
harga lovebird parblue perso
lovebird parblue perso
Ciri khas dari lovebird parblue ini memiliki warna kepala sampai dada kuning keputihan. Lovebird ini pertama kali ditemukan di Florida Amerika Serikat pada tahun 2001 oleh Vellix del Valle. Penangkar tanah air juga sudah banyak yang mengembangkannya. Awalnya indukan juga berasa dari negeri Paman Sam tersebut kemudian diternakan di tanah air. Lovebird parblue atau biasa disingkat Pb juga banyak jenisnya. Misalnya lovebird parblue personata, parblue blorok biru, parblue blorok hijau, parblue sable violet, dan parblue hijau standar.
5. Lovebird blorok
harga lovebird blorok green series
lovebird blorok hijau
Lovebird blorok juga masih menjadi primadona yang menurut saya harganya masih terjangkau bagi pemain lovebird kalangan menengah. Harga lovebird blorok ini mulai dari 1 juta hingga 2 jutaan rupiah. Lovebird blorok ini banyak jenisnya tapi yang paling sering adalah blorok hijau atau yang biasa disebut dengan Green Series (GS). Ciri khas warnanya yang totol-trotol hijau bercampur dengan warna kuning menjadikan lovebird ini memiliki daya tarik tersendiri. Agar kita bisa mencetak lovebird blorok kita harus memiliki sepasang indukan blorok misalnya blorok hijau. Adapun warna blorok yang lain seperti blorok biru yang harganya lebih mahal daripada lovebird blorok hijau.
6. Lovebird batman

lovebird batman
Lovebird batman ini juga sangat sulit dicetak kalau induknya tidak ada yang berwarna batman. Warna batman juga termasuk hasil mutasi warna yang baru. Harga lovebird batman yang sudah dewasa di pasaran sekitar 900 ribu sampai 1,3 juta. Kalau ingin mencetak lovebird batman yang mudah dan murah, kita tinggal membeli lovebird batman jantan kemudian dikawinkan dengan lovebird warna yang lainnya. Karena gen lovebird jantan nantinya akan menurunkan 50 persen kepada anaknya sehingga berwarna batman.

7. Lovebird albino
lovebird albino mata merah

Lovebird Albino harganya juga masih lumayan mahal dan hampir sama dengan lovebird batman. Untuk mencetak lovebird albino juga lebih susah daripada lovebird batman. Bisa saja sepasang indukan lovebird albino kerluar anakan yang tidak albino. Harga lovebird albino mata merah paling mahal yakni satu ekornya yang sudah siap tangkar 1 juta sampai 1,5 juta.

8. Lovebird violet

Lovebird violet personata juga memiliki daya tarik bagi penggemarnya. Saya pribadi pun lebih suka warna violet. Dinamai dengan personata atau perso karena kepalanya yang hitam melingkar seperti gambar di atas. Harganya juga cukup mahal yaitu 1 juta sampai 1,4 juta. Untuk mencetak anakan lovebird ini yang paling mudah adalah dengan memiliki sepasang indukan yang berwarna violet perso.
9. Lovebird kepala elang
lovebird kepala elang
Lovebird kepala elang ini juga susah di cetak lho, Biasanya lovebird kepala elang atau head sable ini dari keturunan lovebird violet yang mengalami mutasi warna putih pada kepalanya. Harganya pun lebih tinggi dibandingkan dengan lovebird violet. Saat ini kisaran harga lovebird head sable atau kepala elang 1,5 juta sampai 2 juta. 

0 comments:

Posting Komentar