Selasa, 18 April 2017

Ciri Indukan Lovebird Yang Bagus Dan Tips Memilihnya

Abdullah Yatmono

Bagi yang masih pemula ingin membeli indukan lovebird, terlebih dahulu harus tahu ciri indukan lovebird yang bagus agar bisa produksi terus. Sebelumnya di tempat saya di Kota Tegal banyak kasus orang yang tertipu dengan indukan lovebird. Penjual tersebut mengatakan sepasang lovebirdnya sudah indukan dan produksi satu atau dua kali misalnya. Padahal sepasang lovebird tersebut baru jodohan atau bahkan sepasang lovebird betina semua. Memang lovebird betina dengan betina yang berjodoh pun dapat bertelur. Untuk itu bagi yang masih pemula harus hati-hati dan jangan sampai menjadi korban penipuan.
Ciri Indukan Lovebird Yang Bagus Dan Tips Memilihnya
indukan vio ficher dengan biru mangsi ficheri
Lebih aman, kita membeli pada orang yang sudah kita kenal atau tidak kita membeli indukan lovebird dengan mendatangi peternakannya secara langsung. Insyaallah lebih amanah dan kita bisa menimba ilmu darinya.
indukan lovebird pastel kuning kotor dengan pastel biru
Berikut ini ciri-ciri indukan lovebird yang bagus dan tips memilih indukan yang berkualitas :
1. Tidak cacat
Syarat yang utama dalam memilih indukan lovebird adalah tidak cacat. Biasanya indukan lovebird yang cacat fisik misalnya pada kaki atau yang lainnya akan menurun pada anaknya. Untuk mencegah hal tersebut kita harus selekfif. Memang harga indukan lovebird yang salah satunya cacat biasanya jauh lebih murah.
2. Badan besar
Jenis lovebird ada yang ukurannya agak kecil, sedengan (rata-rata), dan ada yang agak besar. Nah kalau ada carilah indukan yang badannya lebih besar sehingga lebih bagus. Anakan yang dihasilkan juga akan lebih berkualitas dan harganya pun lebih tinggi karena nantinya badannya lebih besar.
3. Tidak nglemak
Hati-hati dalam memilih indukan. Terkadang peternak akan menjual materi indukannya ketika indukan betina lovebird sudah nglemak. Lovebird betina yang nglemak tidak dapat produksi lagi karena kegemukkan kalau dalam bahasa manusianya. Sebenarnya masih bisa produksi lagi apabila lemaknya sudah hilang. Namun untuk menghilangkan lemak tidaklah semudah dalam waktu yang singkat. Bisa butuh waktu satu atau dua bulan agar lemaknya kempes dan bisa mulai produksi lagi. Baca juga cara mengatasi lovebird yang nglemak atau kegemukkan.
4. Bulu mulus
Pilih juga indukan lovebird yang bulunya mulus. Kalau bulunya mulus berarti indukan juga dalam keadaan sehat. Nantinya indukan khususnya betina bisa mengerami dengan sempurna karena bulunya tidak rontok atau mrodol. Telur yang dierami pun bisa menetas semua.
5. Pejantan tidak gestang
Hindarilah indukan yang pejantannya gestang atau gesek tangkringan. Gesek tangkringan artinya indukan jantan akan lebih sering mengawini tangkringannya daripada mengawini indukan betina. Walaupun indukan yang salah satunya gestang itu juga tetap dapat berpoduksi tapi menurut saya kurang bagus.
6. Harganya yang terjangkau dengan kantong
Nah tips yang keenam ini dalam memilih indukan lovebird harus yang terjangkau. Jangan sampai melebihi butget kita. Kalau harganya di atas butget jangan sampai kita ngutang atau mengurangi jatah uang belanja istri yah hehehehe.
Memang kalau hobi apa saja ingin kita penuhi. Walau keuangan sedang tipis pun kita mati-matian untuk hidup hemat dan ingin membeli lovebird yang baru dengan warna tertentu. Tapi jangan sampai kita mengesampingkan kewajiban kita terhadap keluarga yah.
7. Indukan yang harga jualnya mahal
tips memilih indukan lovebird yang bagus
indukan vio df dengan blue series
Kalau punya uang yang lebih saya sangat menyarankan untuk membeli indukan yang warnanya bagus sehingga anakan yang dijual pun memiliki harga yang tinggi. Misalnya membeli indukan warna biru kobal atau indukan lutino yang nanti anaknya akan keluar lutino. Kita sudah tahu warna lutino memang lebih mahal nilai jualnya apalagi kalau retina mata lutino berwarna merah.
Oke sekian dulu tips dari saya dalam memilih indukan dan mengenal ciri indukan lovebird yang bagus.

0 comments:

Posting Komentar