Kamis, 06 April 2017

Cara Menyilangkan Lovebird Menjadi Lutino

Abdullah Yatmono

Cara mudah menyilangkan lovebird menjadi lutino adalah dengan memiliki sepasang lovebird lutino atau salah satu indukannya berjenis lutino. Terkadang indukan berwarna pastel kuning dengan hijau standar pun bisa menghasilkan anakan lutino. Mengapa bisa demikian? Karena dari gen pasangan indukan tersebut sebelumnya terdapat gen lutino. Jadi kemungkinan besarnya indukan dari pastel kuning atau hijau standar tadinya berwarna lutino.

Cara Menyilangkan Lovebird Menjadi Lutino
lovebird lutino dewasa
Kemudian bisa saja indukan lutino anaknya bisa keluar lovebird kobal atau mangsi karena turunan atau trah lutino tersebut indukannya dari kobal atau mangsi. Jadi gen-gen warna tersebut masih terbawa oleh anaknya dan menurun di generasi selanjutnya.
cara merawat anakan lovebird lutino
anakan lovebird lutino umur 1,5 bulan
Harga sepasang lovebird lutino

Harga satu pasang lutino yang siapan atau yang sudah produksi pada kisaran 1,5 juta sampai 1,8 juta. Sepasang lutino tersebut kalau satu kali produksi bisa menghasilkan anakan tiga ekor saja sudah kembali modal awal. Misalnya anakan yang sudah bisa makan sendiri umur 2 bulan dijual 500 ribu jadi total 3 anakan harganya 1,5 juta.
Supaya anakan keluar lutino juga tidak harus sepasang berwarna lutino. Bisa saja lutino jantan disilangkan dengan lovebird biru mangsi. Anakan akan keluar lutino dan biru mangsi juga. Karena gen jantan itu paling dominan, maka perbandingan anakan yang keluar 2 : 1. Misalnya ada anakan yang keluar 3 ekor, maka 2 ekor berjenis lutino dan 1 ekor berjenis biru mangsi.
Kalau dalam satu tahun sepasang indukan lutino bisa produksi 4 sampai 5 kali sudah bisa dihitung yah keuntungannya. 4 juta sampai 6 juta insyaAllah sudah bisa masuk kantong. Itu kalau produksinya lancar dan tidak ada kendala juga. Biasanya kendala bagi penangkar adalah lovebird macet bertelur. Ada berbagai fator biasanya indukan betina nglemak atau kegemukkan. Kalau indukan betina nglemak maka tidak bisa bertelur. Untuk menghilangkan lemak tersebut indukan betina harus sering dijemur dan diberikan pakan standar hanya milet putih saja. kalau diberikan pakan tambahan seperti jagung muda malah membuat indukan menjadi tambah gemuk. Mengapa demikian? Karena jagung termasuk kaya akan protein.
Demikianlah informasi cara menyilangkan lovebird menjadi lutino. Kalau masih ada yang bingung bisa bertanya lebih lanjut pada info kontak di atas. Semoga bermanfaat J

0 comments:

Posting Komentar