Rabu, 22 Maret 2017

Perbedaan Lovebird Klep dan Non Klep Secara Fisik dan Ekonomis

Abdullah Yatmono

Tips membedakan lovebird klep dan non klep – Di kalangan pecinta burung yang berasal dari Afrika ini pasti sudah tahu jenis-jenis lovebird jika dilihat dari klep atau kacamatanya. Klep ini adalah lingkaran putih pada bagian sekitar matanya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Dilihat dari segi harga, lovebird klep atau berkacamata memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan lovebird non klep. Akan saya jelaskan mengapa harganya memiliki perbedaan yang cukup jauh.
lovebird klep / kacamata jenis pastel hijau

lovebird non klep / tidak berkacamata

lovebird klep jenis violet perso
Di kalangan lovebird mania, jarang yang memiliki lovebird non klep. Karena kalau dilihat dari segi ekonomis jelas sangat jauh dibandingkan harga lovebird kacamata. Jadi saran saya kalau mau membeli lovebird, belilah yang berkacamata atau memiliki klep yang tebal. Kalau mau dijual lebih mudah harganya pun relatif tinggi.

Perbedaan lovebird klep dan non klep

1. Dilihat dari lingkar mata
Lovebird klep memiliki lingkaran putih yang lebih tebal dibandingkan lovebird non klep yang memiliki klep atau kacamata yang tidak tebal. Bisa dilihat pada gambar.
2. Ukuran tubuh
Lobebird klep memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil, sedangkan lovebird non klep memiliki ukuran tubuh yang lebih besar.
3. Cepat produksi
Lovebird klep cenderung lebih lama untuk mulai produksi karena umur 9 bulan baru siap berprodsuksi, sedangkan non klep umur di bawah 9 bulan sudah siap produksi.

4. Dilihat dari ngekeknya
Lovebird klep memiliki suara ngekek yang lebih panjang, suara besar, dan bervariasi. Sedangkan non klep ngekeknya tidak bisa panjang sehingga lovebird jenis ini tidak diikutkan lomba oleh pemiliknya. Nah dilihat dari ngekeknya sudah bisa dilihat kalau lovebird klep memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan lovebird non klep.
5. Dilihat dari segi warna
Lovebird klep memiliki warna yang dominan pada bulunya, kemudian lebih indah kalau dilihat. Sedangkan lovebird non klep warnanya cenderung beragam dan susah dinamai karena banyak banget jenis warnanya. Pada lovebird klep jika warnanya unik seperti biola, euwing, dan parblue memiliki nilai jual yang sangat fantastis yakni di atas 3 jutaan. Tak khayal lovebird non klep ini harganya lebih murah karena warna-warnanya sudah biasa dan beragam. Oya warna lovebird non klep cenderung agak kusam alias tidak bersinar. Pada lovebird klep memiliki warna yang bersinar dan tegas walau hanya sekedar warna hijau standar atau dakocan.
6. Dilihat dari warna paruh
Warna lovebird klep memiliki warna paruh yang lebih tegas ada dua jenis warna paruh yakni merah dan putih. Sedangkan pada lovebird non klep, warna paruhnya tidak tegas dan agak memudar, warnanya pun beragam seperti merah, putih, jingga, putih pucat, dan sebagainya.
Demikianlah informasi seputar perbedaan lovebird klep dan lovebird non klep. Semoga bisa menambah wawasan Anda di rumah.

0 comments:

Posting Komentar